Dark/Light Mode

Gelar Literasi Digital Di Sumatera, Kominfo Kasih Tips Bisnis Lewat Instagram

Rabu, 17 Agustus 2022 21:26 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Siberkreasi kembali menggelar webinar di wilayah Sumatera.

Webinar yang merupakan rangkaian program Indonesia Makin Cakap Digital 2022 ini digelar pada Selasa (16/8), dengan tema “Tips Digital: Instagram for Business”.

Narasumber yang dihadirkan adalah Rizki Nugroho, Podcaster & Co-Founder Paberik Soeara Rakjat; Syarif Maulana, Business Consultant & Praktisi Literasi Digital; dan Bayu Sutjiatmo, Ketua Prodi Perdagangan Internasional Politeknik APP Jakarta & Praktisi Literasi Digital.

Baca juga : PKS Tak Kecewa, Malah Bahagia

Rizki Nugroho membahas tips Instagram dari perspektif cakap digital. Menurutnya, Instagram bisa jadi salah satu media pemasaran produk atau jasa di bidang digital marketing.

"Tiga hal yang harus kita ketahui tentang Instagram for business. Pertama, pahami dan kuasai setiap fitur yang ada di Instagram. Kedua, isi profil dengan selengkap-lengkapnya dan terakhir maksimalkan potensi fitur instagram seperti reels, feed, dan story," papar Rizki Nugroho.

Sementara Syarif Maulana memperkaya pembahasan mengenai tips Instagram for business ditinjau dari perspektif etika digital. Ada tiga etika yang dia paparkan.

Baca juga : Konsisten Gelar Webinar Literasi Digital, Kemenkominfo Jangkau Maluku Dan Papua

Pertama, bangun interaksi dengan pelanggan. Kedua, sadari hak dan privasi konsumen. "Terakhir, selalu memberikan informasi yang jelas dan jujur," jelas Syarif.

Sedangkan Bayu Sutjiatmo melengkapi pembahasan mengenai tips instagram for Business ditinjau dari perspektif keamanan digital.

Menurutnya, ada tiga tips aman dan nyaman untuk menggunakan instagram for business. Pertama, buat password yang kuat dan panjang. Kedua, aktifkan keamanan berjenjang. "Terakhir, selalu perbarui password secara berkala," tandasnya.

Baca juga : Literasi Digital Jadi Benteng Pertahanan Hadapi Bahaya Arus Informasi

Dalam acara ini, para peserta diberikan E-sertifikat dan beragam hadiah menarik. Bagi mereka yang tertarik, bisa memperoleh informasi lebih lanjut lewat situs Kemenkominfo.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.