Dark/Light Mode

BNPP: 5 Bangunan Fisik PLBN Baru Telah Selesai

Rabu, 14 September 2022 19:45 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Pembangunan fisik lima Pos Lintas Batas Negara (PLBN) yang dibangun oleh anggota Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) yaitu Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di perbatasan negara telah selesai.

Deputi Bidang Pengelolaan Batas Wilayah Negara, Robert Simbolon, menyampaikan lima PLBN tersebut adalah Serasan, Jagoi Babang, Sei Nyamuk (Sebatik), Napan, dan Yetetkun.

"Pembangunan PLBN sebagai pelaksanaan Inpres 1/2019, lima sudah selesai fisiknya yaitu Serasan, Jagoi Babang, Sei Nyamuk (Sebatik), Napan, dan Yetetkun," ujar Robert dalam tatap maya Webinar Series 02 bertajuk Kupas Tuntas Pengelolaan Perbatasan Negara, seperti keterangan yang diterima RM.id, Rabu (14/9).

Baca juga : PUPR Bangun Rusun Mahasiswa Rp 15,1 M Di Konawe Selatan

Lima PLBN tersebut dibangun di perbatasan darat maupun laut Indonesia berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan 11 PLBN Terpadu dan Sarana Prasarana Penunjang di Kawasan Perbatasan.

Adapun PLBN Serasan dibangun di Kecamatan Serasan, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau. PLBN Jagoi Babang dibangun di Kecamatan Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang, Provinsi Kalimantan Barat. PLBN Sei Nyamuk (Sebatik) dibangun di Kecamatan Sebatik Utara, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara.

PLBN Napan dibangun di Kecamatan Bikomi Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kemudian PLBN Yetetkun dibangun di Distrik Ninati, Kabupaten Boven Digoel, Provinsi Papua.

Baca juga : BEM Nusantara Ingatkan BLT BBM Harus Tepat Sasaran

Robert menjelaskan, terdapat PLBN yang masih dalam proses pembangunan yaitu Labang di Kecamatan Lumbis Ogong, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara; Long Midang di Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara; dan Long Nawang di Kecamatan Kayan Hulu, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara.

Sementara dua PLBN yaitu Sei Kelik di Kecamatan Ketungau Hulu, Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat serta Oepoli di Kecamatan Amfoang Timur, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur belum dilakukan pembangunan fisiknya.

Sebagai informasi, terdapat satu PLBN yang telah selesai dibangun berdasarkan Inpres 1/2019, dan saat ini telah dikelola oleh BNPP. PLBN tersebut adalah PLBN Sota yang dibangun di Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.