Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Apresiasi Erick Thohir Soal Program Solusi Nelayan

Pengamat: Itu Program Pro Rakyat

Minggu, 18 September 2022 13:27 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Program Solar untuk Koperasi (Solusi) Nelayan yang diluncurkan oleh Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki mendapat apresiasi tinggi. Program Solusi Nelayan ini diakui sangat pro terhadap rakyat kecil.

Pengamat BUMN Kiki Rizki Yoctavian mengatakan, publik harus menyambut baik Program Solusi Nelayan ini. Sebab, program ini merupakan respon cepat Pemerintah dalam menyediakan kebutuhan Bahan Bakar Minyak (BBM).

Rizki pun menyarankan Menteri Erick Thohir melebarkan program tersebut ke seluruh Indonesia.

"Saya menyambut baik atas Program Solusi Nelayan dapat diterapkan di seluruh Indonesia paling lambat akhir tahun oleh Erick Thohir yang menyebut program pro rakyat ini, sebagai respons pemerintah dalam menyediakan kebutuhan BBM bagi nelayan sangat tepat dilakukan di saat kenaikan harga BBM," ujar Rizki saat dihubungi, Minggu (18/9).

Baca juga : Erick Resmi Luncurkan Program Solusi Untuk Nelayan Di Cilacap

Dikatakan Rizki, Erick Thohir mampu membaca kebutuhan para nelayan di Tanah Air, hingga dirinya berinisiatif meluncurkan Program Solusi Nelayan ini.

Sebab, BBM jenis Solar merupakan kebutuhan utama para nelayan. Apalagi, solar tersebut masih disubsidi oleh Pemerintah.

"Terlebih memang kelompok masyarakat seperti nelayan memang menjadikan Solar sebagai salah satu alat produksi untuk mencari kehidupan," tuturnya.

Menurut Rizki, sejauh ini, penyediaan Solar sudah baik. Namun belum menjangkau wilayah-wilayah terpencil. Karena itu, Program Solusi Nelayan ini harus merata di seluruh Indonesia.

Baca juga : Erick Turun Gunung Ngecek Program Solusi Nelayan Di Cilacap

Para nelayan membutuhkan Solar yang banyak untuk melakukan aktivitas menangkap ikan di lokasi yang jauh.

"Terlebih memang kebutuhan akan solar sangat terbatas di daerah pesisir dan terkadang langka. Apa lagi ada beberapa daerah yang untuk mencari tangkapan harus lebih jauh dari tempat tinggalnya tentunya membutuhkan lebih banyak bahan bakar," ucapnya.

Dia mencontohkan saat berkunjung ke sebuah kampung nelayan di Lampung, nelayan mengaku membutuhkan lebih kurang 5 jerigen ukuran 20 liter untuk sekali melaut mencari gurita di dekat gunung Krakatau.

"Tentunya apabila program ini berjalan dengan baik akan sangat membantu nelayan," jelasnya.

Baca juga : Teten-Erick Tancap Gas Percepat Program Solusi Solar Buat Nelayan

Rizki juga menyarankan agar penyalur Solar subsidi kepada para nelayan ini harus konkret. Apakah untuk kapal-kapal besar milik para juragan ikan atau hanya kepada nelayan kecil.

"Harus juga bisa dipisahkan. Saya berharap program ini dapat menjangkau nelayan-nelayan kecil dengan perahu-perahu kecil bukan perahu-perahu besar yang cendungnya dimiliki oleh juragan ikan," harap Rizki.

Dia berharap, Program Solusi Nelayan yang pro rakyat kecil ini tidak salah sasaran seperti subsidi BBM Pertalite yang dikhususkan buat masyarakat kurang mampu, tetapi ikut dinikmati oleh masyarakat mampu yang memiliki mobil pribadi.

"Untuk meminimalisir subsidi tidak tepat sasaran harus dilakukan dengan evaluasi dan pemantauan yang serius," ungkap dia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.