Dark/Light Mode

Usul Anggaran Kemendagri Tahun Depan Rp 4,171 T

Tito Minta Dukungan Dari Wakil Rakyat Nih

Kamis, 22 September 2022 07:55 WIB
Mendagri Tito Karnavian (tengah) bersama Wamendagri John Wempi (kiri) dan Ketua DKPP Heddy Lugito (kanan) mengikuti rapat kerja bersama Komisi II DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (21/9/2022). (Foto: Antara/Aprillio Akbar)
Mendagri Tito Karnavian (tengah) bersama Wamendagri John Wempi (kiri) dan Ketua DKPP Heddy Lugito (kanan) mengikuti rapat kerja bersama Komisi II DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (21/9/2022). (Foto: Antara/Aprillio Akbar)

 Sebelumnya 
Kelima, dukungan percepatan pemulihan ekonomi daerah. Pemulihan dari dampak bencana, dampak pandemi Covid-19. Pihaknya juga akan meningkatkan penanganan kemiskinan ekstrem di daerah.

Keenam, pengembangan kompetensi aparatur pemerintahan dalam negeri dan kualitas penyelenggaraan pendidikan kepamongprajaan melalui peningkatan kualitas Diklat menuju Corporate University internalisasi dan sertifikasi aparatur sipil negara (ASN) ber akhlak.

“Kami juga melakukan percepatan aktualisasi konsep smart campus IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri),” paparnya.

Baca juga : UMi Kerek Jutaan Usaha Wong Cilik Naik Kelas

Ketujuh, fokus pada pengembangan strategi kebijakan dan peningkatan nilai reformasi birokrasi di dalam Kemendagri.

mantan Kapolri ini menegaskan, total usulan penetapan pagu alokasi anggaran Kemendagri tahun anggaran 2023 adalah Rp 2,981 triliun, ditambah usulan terbaru Rp 1,190 triliun. Dengan demikian, totalnya sebesar Rp 4,171 triliun.

Tito berharap, usulan tambahan alokasi pagu anggaran mendapat persetujuan dari para wakil rakyat. Usulan tersebut berkaitan dengan arah dan target yang telah disusun.

Baca juga : Tok! DPR Setujui Anggaran Kementerian BUMN Tahun Depan Rp 260 M

“Oleh karena itu, kami memohon kepada pimpinan dan anggota Komisi II DPR untuk dapat menyetujui dan mendukung,” pintanya.

Dia merinci beberapa anggaran. Antara lain, pendanaan kegiatan prioritas Kemendagri untuk pencapaian target kinerja Kemendagri tahun 2023 sebesar Rp 775 miliar. Dengan rincian Unspektorat Jenderal Rp 21,1 miliar Sekretariat Jenderal Rp 20 miliar. Institut Pemerintahan Dalam Negeri Rp 89,4 miliar.

Badan pengembangan SDM Rp 120, 6 miliar, Direktorat Jenderal Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) sebesar Rp 271,4 miliar. Lalu Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Ditjen Polpum) sebesar Rp 252,7 miliar. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.