Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Diduga Akibat Covid

Melonjak, Gagal Ginjal Akut Misterius Pada Anak

Rabu, 12 Oktober 2022 07:35 WIB
Pakar kesehatan anak dr. Henny Adriani. (Foto: Istimewa)
Pakar kesehatan anak dr. Henny Adriani. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jelang berakhirnya status pandemi Covid-19, kini mulai muncul penyakit misterius lain. Salah satunya, gagal ginjal akut yang menyerang anak di bawah usia 6 tahun.

Sampai sekarang belum bisa dipastikan penyebabnya. Namun Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menduga, kemunculan gagal ginjal akut masih ada kaitannya dengan Covid-19 yang menyerang anak.

Pakar kesehatan anak dr. Henny Adriani mengungkap­kan, penyakit ini diperkirakan telah menyerang lebih dari 100 anak di sepanjang 2022. Peningkatan jumlah kasus tersebut puncaknya terjadi dalam dua bulan terakhir ini.

Baca juga : Erick: Kalau Harga Minyak Dunia Melorot, Harga Pertamax Bisa Ikut Turun

“Sampai sekarang kami masih dalam proses investigasi, men­cari tahu apa yang jadi penyebab dari gangguan ini, yang kasus­nya melonjak pesat di dua bulan terakhir,” ujarnya dalam diskusi virtual, kemarin.

Ia mengungkapkan, salah satu alasan penyakit ini dikaitkan dengan Corona karena umumnya menyerang pasien berusia di bawah 6 tahun.

Anak usia tersebut belum memiliki imun terhadap Covid-19 karena belum divaksinasi. Ia memandang bahwa sebagian besar anak-anak ini punya bukti terhadap infeksi Covid-19.

Baca juga : Ditahan Sampdoria, Gaya Main Juventus Bikin Bosan

“Lalu, kami berpikir apakah ini berhubungan. Kami belum bisa mengonfirmasi (kepastian) hubungannya, tetapi kami tetap berpikir ini adalah sesuatu yang berkaitan,” papar Henny.

Kesimpulan dari hubungan se­bab akibat antara Covid-19 dan gangguan ginjal akut misterius, kata dia, masih perlu investigasi lebih mendalam.

Dari penilaian sejauh ini se­cara medis, penyakit ini bisa diistilahkan dengan sebutan gangguan ginjal akut progresif atipikal.

Baca juga : Beli Sembako Di Pasar Bisa Lewat Tokopedia

Penyakit ini merupakan kon­disi adanya gangguan yang menyebabkan penurunan fungsi ginjal yang terjadi secara tiba-tiba.

Penyakit tersebut berkem­bang dengan sangat cepat, mendadak, dan kondisi perburukan yang juga lebih cepat dari biasanya.

Dari situlah dokter menye­butnya sebagai penyakit ginjal misterius. Ia berharap penya­kit ini menjadi perhatian bersama. Soalnya, proses perjalanan penyakitnya yang cepat dan mendadak.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.