Dark/Light Mode

Implementasi RAN PE Lewat I-KHub

Indonesia Apresiasi Dukungan Australia Dalam Penanggulangan Terorisme

Rabu, 12 Oktober 2022 21:23 WIB
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Boy Rafli Amar,  melakukan  pertemuan dengan Asisten Menteri Luar Negeri Australia, di Bali, Rabu (12/10). (Foto: Humas BNPT)
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Boy Rafli Amar, melakukan pertemuan dengan Asisten Menteri Luar Negeri Australia, di Bali, Rabu (12/10). (Foto: Humas BNPT)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Boy Rafli Amar, melakukan pertemuan dengan Asisten Menteri Luar Negeri Australia, Tim Watts, di Bali, Rabu (12/10).

Dalam pertemuan ini, Boy Rafli mengatakan, Australia adalah mitra utama Indonesia dalam menghadapi ancaman terorisme.

"Australia adalah mitra utama Indonesia dalam perang melawan terorisme, tidak hanya di level bilateral, tetapi juga regional dan internasional," ungkap Jenderal polisi bintang tiga tersebut.

Baca juga : Pupuk Indonesia Gandeng BNPT Cegah Terorisme

Di hadapan Tim Watts, Boy Rafli menjelaskan upaya Indonesia menanggulangi terorisme salah satunya melalui implementasi RAN PE atau Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Penanggulangan Ekstremisme Berbasis Kekerasan yang Mengarah pada Terorisme tahun 2020-2024.

Menurut Boy Rafli, Implementasi RAN PE tersebut terjadi salah satunya berkat adanya dukungan nyata dari pihak pemerintah Australia.

"Saya mengapresiasi pemerintah Australia atas dukungan implementasi RAN PE di Indonesia melalui mekanisme Australia-Indonesia Partnership for Justice (AIPJ) yang dimanifestasikan dalam Indonesia Knowledge Hub (I-KHub)", bebernya. 

Baca juga : Pedagang Pasar, PKL Se-Jawa Barat Dan Kowarteg Indonesia Di Bekasi Dukung Ganjar Presiden 2024

Implementasi RAN PE sejauh ini telah sampai di level daerah dan diadopsi oleh Provinsi Sulawesi Tengah, Aceh, Jawa Barat dan Jawa Timur dengan menyusun Rencana Aksi Daerah.

Selain itu, Sekretariat Bersama (Sekber) RAN PE terus melakukan pertemuan tematik bersama CSO terkait dan Forum Kemitraan Pemerintah bersama Organisasi Sosial untuk mempromosikan implementasi RAN PE yang efektif.

Asisten Menteri Tim Watts mengapresiasi kerjasama dan kolaborasi yang erat dan panjang antara Australia dan Indonesia dalam mencegah dan menanggulangi terorisme.

Baca juga : SPBI Apresiasi Sinergisitas BNPT Tanggulangi Terorisme

Ia juga berharap bahwa kerjasama yang sangat baik ini akan dapat terus ditingkatkan di masa datang. Selain RAN PE, dalam pertemuan ini juga dibahas tentang perkembangan kesiapan acara internasional dalam rangka pencegahan terorisme yang akan dilaksanakan.

Yaitu, Aqaba Process dimana Indonesia, Australia dan Yordania sedang mempersiapkannya untuk digelar pada November tahun ini di Indonesia. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.