Dark/Light Mode

Peringatan Hari Habitat & Kota Dunia (3)

Penataan Permukiman Kumuh Kelayan Barat

Sabtu, 15 Oktober 2022 16:50 WIB
Peningkatan kualitas permukiman kumuh yang menjadi percontohan, salah satunya di Kelayan Barat, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, yang dilakukan Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kalsel, Ditjen Cipta Karya di sekitar Sungai Martapura. [Foto: BIRKOM PUPR]
Peningkatan kualitas permukiman kumuh yang menjadi percontohan, salah satunya di Kelayan Barat, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, yang dilakukan Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kalsel, Ditjen Cipta Karya di sekitar Sungai Martapura. [Foto: BIRKOM PUPR]

 Sebelumnya 
Selaras dengan semangat Hari Habitat Dunia dan Hari Kota Dunia Tahun 2022, dengan tema “Kolaborasi Pentahelix dalam Pembangunan Permukiman dan Perumahan Perkotaan menuju Nol Kumuh”, penataan kawasan Kelayan Barat menjadi contoh yang baik kegiatan kolaborasi berbagai pihak, terutama antara Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR dengan Pemerintah Kota Banjarmasin.

Program penataan kawasan kumuh Ditjen Cipta Karya ini juga teritegrasi dengan program Ditjen Perumahan, melalui pembangunan rumah susun untuk masyarakat berpenghasilan rendah dan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau yang populer dikenal sebagai bedah rumah untuk mengurangi jumlah rumah tidak layak huni (RTLH).

Penataan kawasan Kelayan Barat, Banjarmasin, Kalsel ini dengan menciptakan kualitas lingkungan yang lebih baik, sekaligus menjadi destinasi wisata kebanggaan masyarakat Kota Banjarmasin, Kalsel. [Foto: BIRKOMPU PUPR]

Baca juga : Mendes PDTT: Perempuan Kunci Pencapaian SDGs Desa

"Kawasan Kelayan ini menjadi prioritas penanganan pemukiman kumuh dengan berkolaborasi bersama Kota Banjarmasin untuk pembebasan lahan pembangun rusunawa, dan bisa kita lihat perubahan pada permukimannya sangat signifikan," kata Davis.

Penataan kawasan kumuh Kelayan Barat mulai dikerjakan sejak kontrak 20 April 2020 dan telah selesai pada 10 Desember 2021 dengan kontraktor pelaksana PT Media Cipta Perkasa.

Fasilitas olahraga di Rusun Teluk Kelayan di Kelayan Barat, Banjarmasin, Kalsel. [Foto: BIRKOMPU PUPR]

Baca juga : TPA Sampah Banjarbakula: Ramah Lingkungan, Satu-satunya Di Kalimantan

Anggaran penataan bersumber dari APBN senilai Rp 44 miliar untuk pembangunan jalan lingkungan, pile slab siring, perbaikan drainase, pekerjaan drop off area, plaza, amphitheater, lapangan futsal mini, gerbang kawasan, area parkir, toilet, Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), termasuk Ruang Terbuka Hijau (RTH).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.