Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Covid-19 Terkendali

Saran Ahli: Prokes Tetap Diperlukan

Selasa, 18 Oktober 2022 07:35 WIB
Ahli penyakit dalam dr. Zubairi Djoerban. (Foto: Instagram)
Ahli penyakit dalam dr. Zubairi Djoerban. (Foto: Instagram)

 Sebelumnya 
Dokter ahli onkologi ini menerangkan, salah satu penerapan prokes yang perlu dibiasakan adalah rutin mencuci tangan. Aktivitas itu diharapkan mampu meminimalisir perkembangan dan mutasi virus yang dinamis.

“Hal ini karena perkembangan dan mutasi virus semakin beragam. Kebiasaan mencuci tangan ini harus tetap dilaku­kan agar dapat menyelamatkan banyak jiwa,” kata Zubairi.

Sampai akhir pekan, penam­bahan kasus harian Covid se­banyak 1.326 kasus positif. Penambahan kasus yang tercatat paling banyak berada di wilayah DKIJakarta dengan 518 kasus baru. Kemudian diikuti Jawa Barat dengan 200 kasus dan Jawa Timur dengan 169 kasus. Sedangkan, angka kematian aki­bat Covid mencapai 12 orang.

Baca juga : Lesti Cabut Laporannya, Billar Tetap Ditahan

Sementara, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 meminta masyarakat memper­tahankan prokes sebagai pola adaptasi kebiasaan baru.

“Menerapkan prokes di tiap aspek kehidupan termasuk da­lam rumah, dalam perjalanan atau beraktivitas di luar ru­mah menjadi tanggung jawab masing-masing individu,” ujar Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito dalam keterangan persnya.

Menurut dia, ini tidak mudah. Tapi juga bukan tidak mungkin bisa berjalan. Asalkan semua elemen masyarakat bisa bekerja sama dan memupuk rasa tanggung jawab.

Baca juga : Menpora: Persiapan Piala Dunia U-20 Tetap Berjalan

Dia menerangkan, Indonesia tengah menyiapkan peta jalan menuju kondisi endemi. Jika peta jalan tersebut selesai akan diinformasikan ke publik.

“Kami merancang peta jalan masa transisi menuju hidup berdampingan dengan Covid-19 nanti akan kembali diinformasi­kan,” terangnya.

Tidak hanya prokes tapi juga upaya vaksinasi yang tengah berlangsung. Masyarakat yang belum divaksin diminta segera melakukan vaksinasi. Bagi yang sudah, didorong untuk meleng­kapinya.

Baca juga : KAI Gandeng GMF Kerek Keandalan Sarana Kereta Api

“Pemerintah akan melakukan upaya terbaik untuk memvaksi­nasi sebanyak mungkin orang dan secepat mungkin,” terang Wiku

Kelengkapan vaksinasi Covid-19 dan booster menjadi salah satu cara untuk menekan penu­laran virus Corona. Upaya ini turut membentuk kekebalan terhadap Covid-19.

“Artinya, harus tetap melan­jutkan tindakan pencegahan seperti mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak,” pungkasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.