Dewan Pers

Dark/Light Mode

Dirut BLI Jadi Tersangka, Menpora: Jalani Saja Proses Hukum

Jumat, 7 Oktober 2022 17:31 WIB
Menpora Zainudin Amali (tengah) saat konferensi pers di Kemenpora. (Foto : Ist)
Menpora Zainudin Amali (tengah) saat konferensi pers di Kemenpora. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali berharap para tersangka tragedi Kanjuruhan menghormati keputusan yang ditetapkan pihak kepolisian.

“Itu dijalani saja, karena ini kan namanya kepolisian ada alasan ya kita hormati saja, jalani saja,” kata Zainudin di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (7/10).

Berita Terkait : Dirut LIB Pasrah Jadi Tersangka Tragedi Kanjuruhan

Zainudin mengatakan ada asas praduga tak bersalah. Jika enam tersangka, termasuk Dirut PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita dan lima orang lainnya yang ditetapkan tersangka tragedi Kanjuruhan tidak bersalah, maka pengadilan yang akan memutuskan.

“Kalau tidak bersalah kan di pengadilan yang akan memutuskan itu. Jadi semuanya sudah disampaikan, jalani saja,” ujar dia.

Berita Terkait : KPK Kembali Tahan 1 Tersangka Penyuap Hakim Agung Sudrajad Dimyati

Sebelumnya, Polisi melakukan proses penyelidikan dan penyidikan atas tragedi kanjuruhan yang menewaskan ratusan Aremania. Ada enam orang tersangka yang ditetapkan.

Keenam tersangka itu adalah tiga orang dari unsur sepak bola yaitu Direktur Utama PT LIB berinisial AHL, Ketua Panpel Arema FC berinisial AH, serta petugas keamanan (security officer) berinsial SS.

Berita Terkait : KPK Tahan Tersangka Penyuap Hakim Agung Sudrajad

Tiga tersangka lainnya dari aparat kepolisian yakni Kabag Ops Polres Malang Kompol WSS, Kasat Samapta Polres Malang AKP BSA, serta Komandan Kompi Brimob Polda Jawa Timur AKP H.