Dark/Light Mode

Evaluasi, Kemen PUPR Mau Pastikan Selamat & Nyaman Di Jalan Tol

Kamis, 20 Oktober 2022 09:40 WIB
[Foto: BIRKOMPU PUPR]
[Foto: BIRKOMPU PUPR]

 Sebelumnya 
Sementara Aprimon, dari Operation Maintenance Department Head dari PT Jasa Marga RO2, selaku pihak Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) pengelola Ruas Jalan Tol Dalam Kota dan Prof Dr Ir Soedijatmo mengatakan, sejak beroperasi pada 1987 lalu, pihaknya selalu berupaya mewujudkan aspek kelancaran, keselamatan dan kenyamanan, sesuai Standar Pelayanan Minimal (SPM) Jalan Tol.

Pihaknya,jelas Aprimon, melakukan pemeliharaan rutin terhadap total 222 CCTV, kemudian mengimplementasikan Water Level Sensor di KM 0+200 A Japek, serta KM 26+800 A sebagai Early Warning System, bila air meluap. Juga menyediakan total 12 kendaraan Derek dan 28 unit kendaraan Patroli Jalan Raya untuk senantiasa meningkatkan kelancaran dan keselamatan pengguna jalan tol.

Baca juga : KSP Pastikan Agenda Pembangunan Tetap Jalan Di Tengah Krisis

Sedangkan dari aspek kenyamanan, jelas Aprimon, PT Jasa Marga juga rutin melakukan pemeliharaan kondisi jalan tol dan meningkatkan beautifikasi. “Kami rutin melakukan Scrapping Filling Overlay dan rekonstruksi, serta membangun Taman Gabion Tol Dalam Kota KM 1+200. Juga Taman Air Mancur Soedijatmo di KM 31+200.

Kemudian, PT Jakarta Lingkar Baratsatu (JLB) selaku BUJT pengelola Ruas Tol Kebon Jeruk - Penjaringan (JORR W1) juga berkomitmen untuk selalu memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM), sebagai salah satu aspek utama penilaian Jalan Tol Berkelanjutan.

Baca juga : Berdikari Dukung Keamanan Pasokan Pangan Di Jabar

Menyangkut Hasil Pengujian Indeks Ketidakrataan dan Nilai Kekesataan, Kepala Bagian Pemeliharaan / IT PT JLB Triyanto mengungkap, Jalan Tol JORR W1, memenuhi indikator tersebut.

Lalu, sebagai upaya pencegahan kendaraan Over Dimension/Overloading (ODOL) masuk ke dalam jalan tol, pihaknya memasang 2 Lajur Weight in Motion (WIM) di Gerbang Tol Kembangan Selatan, sebagai pengukur berat yang dapat menimbang kendaraan yang sedang berjalan secara akurat.

Baca juga : Masih Kemudaan, Emil Dardak Nggak Bisa Nyalon Di Pilpres

PT JLB, lanjut Triyanto, juga berupaya meningkatkan kelancaran dan keselamatan di Ruas Jalan Tol JORR W1 melalui pengendalian banjir dan pemasangan CCTV setiap 500 meter. “Kami memiliki 5 Polder yang tersebar di beberapa titik sebagai upaya pengendali banjir, lalu kami juga memasang 58 kamera CCTV di jalur A/B yang seluruhnya termonitor di Sentral Komunikasi kami,” jelasnya.

Penilaian Kualitas Jalan Tol Berkelanjutan ini sesuai dengan Peraturan Menteri (Permen) PUPR Nomor 16/PRT/M/2014 tentang Standar Pelayanan Minimal Jalan Tol serta Permen PUPR Nomor 28 Tahun 2021 tentang Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) pada Jalan Tol. (*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.