Dark/Light Mode

Seskoal Gelar Flag Officer Course Program dan Multinational Operation Course

Senin, 29 Juli 2019 17:18 WIB
Para delegasi dan undangan Flag Officer Course Program dan Multinational Operation Course yang digelar Seskoal. (Foto: Dok. Seskoal)
Para delegasi dan undangan Flag Officer Course Program dan Multinational Operation Course yang digelar Seskoal. (Foto: Dok. Seskoal)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) bekerja sama dengan US Naval War College (US NWC) menyelenggarakan Flag Officer Course Program (FOCP) pada 29 sampai 31 Juli 2019. Acara digelar di Seskoal, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Kursus eksekutif tersebut merupakan yang pertama kali bagi kedua institusi dalam konteks hubungan bilateral Indonesia-Amerika Serikat. Kursus dibuka secara resmi oleh Asrena Kasal, Laksamana Muda TNI Arusukmono. Para pejabat utama yang hadir antara lain dari Mabes AL, pejabat Kemenlu, Kemenhan, Kemenristekdikti, Sesko TNI, Seskoad, Seskoau, dan perwakilan dari beberapa Perguruan Tinggi Negeri. 

Baca juga : Bersatu Padu Lebih Mulia Daripada Bercerai Berai

Kursus ini mengangkat tema “Issues and Challenges Associated with Interagency and Multinational Operations”. Kursus ini dirancang untuk memberikan wawasan sekaligus pengetahuan untuk memimpin suatu Satuan Tugas pada tataran internasional. 

Delegasi US NWC yang datang berjumlah 25 Perwira Tinggi dan profesor serta staf Atase Pertahanan dan kantor Office for Defense Cooperation (ODC). Mereka dipimpin Laksamana Muda Michael Stephen White.  Ada para narasumber juga berasal dari beberapa perwira Angkatan Laut Amerika Serikat dan Angkatan Laut Australia. Mereka memiliki pengalaman memimpin operasi Multinasional.

Baca juga : Reasuransi Nasional Gelar Program Umroh Untuk Mitra Bisnis

Pada saat yang bersamaan juga diselenggarakan Multinational Operation Course untuk para Perwira Mahasiswa Dikreg Seskoal angkatan ke-57 selama 5 hari. Mulai 29 Juli hingga 2 Agustus 2019.

Kursus ini sudah masuk menjadi kurikulum Seskoal bersama-sama dengan kursus yang diselenggarakan bersama US Naval Postgraduate School (US NPS) untuk meningkatkan kemampuan para Perwira Mahasiswa dalam proses pengambilan keputusan Kampanye Militer pada tataran internasional. 

Baca juga : AP I Siap Gelar Simulasi Operasional Bandara Internasional Yogyakarta

Menurut Komandan Seskoal, Laksamana Muda TNI Amarulla Octavian, kedua kursus tersebut merupakan salah satu wujud program 100 hari Kasal, Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas intelektual perwira TNI AL. Diharapkan setelah mengikuti kursus-kursus tersebut, maka kemampuan para Perwira Tinggi dan Perwira Menengah TNI AL di masa mendatang dapat menjadi perwira unggulan di lingkungan Angkatan Laut ASEAN. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :