Dark/Light Mode

Wapres: Pancasila Sebagai Ideologi Masih Relevan

Senin, 14 November 2022 22:14 WIB
Wapres Maruf Amin saat menghadiri acara Penguatan Pembinaan Ideologi Pancasila kepada Aparatur Pemerintah Provinsi Banten. (Foto: Ist)
Wapres Maruf Amin saat menghadiri acara Penguatan Pembinaan Ideologi Pancasila kepada Aparatur Pemerintah Provinsi Banten. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Dalam kesempatan yang sama Wakil Kepala BPIP Karjono mengatakan, diselenggarakannya kegiatan tersebut adalah berangkat dari keprihatinan. "Bapak Ibu sekalian sudah 23 tahun Pancasila vakum sehingga generasi milenila tidak mengenal Pancasila, maka sangat penting Pancasila dibumikan kembali," ujarnya.

Ia juga mengatakan, ASN merupakan pelayan publik yang wajib mengedepankan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Di era globalisasi ini banyak sekali tantangan diantaranya dampak perang negara luar, narkoba, korupsi, terorisme. maka dari itu ia bsrharap ASN harus menjadi garda terdepan dalam menghadapinya.

"Ini harus dipersipakan sunguh-sungguh dan tandem denga nilai-nilai Pancasila," pesanya.

Baca juga : Wapres Tingkatkan Kerja Sama Perdagangan Dengan Mesir

Tidak hanya itu, yang sangat memprihatinkan berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) 85 persen generasi milenial terpapar radikalisme. "Hal itu karena belum tumbuh ketertiban, belum tumbuh kepatuhan hukum, belum tumbuh itikad baik dalam bermedia sosial," paparnya.

Kemudian, ia menjelaskan, data Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (Menpan-RB) setiap bulan 10 ASN dipecat karena radikalisme dan terorisme. "Para ASN ini tidak memegang teguh nilai-nilai Pancasila ada yang ingkar sumpah jabatan, ingin mengganti dasar negara, melawan undang-undang dan Ideologi Pancasila," ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga mensosialisasikan Salam Pancasila sebagai adopsi salam kemerdekaan.

Baca juga : Wapres: Saatnya BSI Mengarungi Samudra, Menjadi Top 10 Global Islamic Bank

Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia juga mengaku akan terus berkomitmen membumikan Pancasila ke seluruh masyarakat.

Pihaknya bahkan telah mempersiapkan Peraturan Daerah tentang pelaksanaan dan pembelajaran tentang Pancasila. Ia juga mengaku Pancasila terus akan dijadikan Dasar karena relevan dalam menangani persoalan di daerah.

"Semua jajaran di Banten terus bergotong royong, dengan persatuan kita dapat menumbuhkan keadaan ekonomi Banten," paparnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.