Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bahlil Terima 5 Bus Listrik Dari Foxconn Dan Indika Untuk KTT G20

Selasa, 15 November 2022 09:48 WIB
Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mewakili pemerintah menerima 5 bus listrik dari Foxconn dan Indika Energy. Hadir juga Presiden Direktur Indika Energy Arsjad Rasjid dan Chairman Foxconn Young Liu. (Foto: Ist)
Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mewakili pemerintah menerima 5 bus listrik dari Foxconn dan Indika Energy. Hadir juga Presiden Direktur Indika Energy Arsjad Rasjid dan Chairman Foxconn Young Liu. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mewakili Pemerintah Indonesia, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menerima penyerahan lima bus listrik yang diberikan Foxconn dan Indika Energy.

Seremoni penyerahan diselenggarakan di Nusa Dua, Bali, Senin (14/11). Acara itu dihadiri oleh Presiden Direktur Indika Energy Arsjad Rasjid dan Chairman Foxconn Young Liu.

Dalam kesempatan ini, Bahlil mengapresiasi Foxconn dan Indika Energy yang telah menyerahkan bus listrik kepada Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Investasi/BKPM dalam rangka mendukung kesuksesan Presidensi G20 Indonesia di Bali.

Baca juga : Truk Listrik eCanter Ikut Touring Dan Pameran G20

Dalam kesempatan ini, Bahlil juga menyatakan komitmennya untuk memberikan dukungan dan fasilitasi rencana investasi Foxconn melalui Joint Venture (JV) dengan Indika Energy dalam mendukung pengembangan ekosistem industri kendaraan listrik di Indonesia.

“Kehadiran Foxconn adalah sesuatu yang sudah ditunggu-tunggu lama. Tidak ada lagi yang bisa memperdebatkan kualitas produknya dan kontribusi Foxconn kepada global apalagi persoalan ICT (Information and Communication Technology). Hari ini Foxconn akan masuk ke Indonesia untuk bangun ekosistem baterai kendaraan listrik yang dimulai dari bus listrik. Kita juga akan mendorong sel baterai dan industri lainnya,” jelas Bahlil.

Bahlil juga menegaskan, kembali bahwa Indonesia tidak memberikan perlakuan istimewa kepada salah satu negara tertentu untuk berinvestasi di Indonesia. Semua negara sama di mata Indonesia, termasuk Foxconn dari Taiwan yang memberikan kontribusi dalam mendorong Energi Baru Terbarukan (EBT) dan industri hijau di Indonesia.

Baca juga : Menteri Erick Pastikan Pasokan Listrik PLN Aman Selama KTT G20

Arsjad Rasjid mengatakan, Indika Energy dan Foxconn memberikan bus listrik untuk mendukung kegiatan forum B20 dan G20 serta mempromosikan green mobility. Melalui perusahaan JV Indika Energy dan Foxconn yaitu Foxconn Indika Motor (FIM), kerja sama ini bertujuan untuk mendukung Indonesia menjadi salah satu pemain utama dalam ekosistem kendaraan listrik.

“Kami melihat potensi pengembangan kendaraan listrik di Indonesia untuk pengurangan emisi. Kolaborasi ini adalah permulaan dari pengembangan ekosistem kendaraan listrik Indonesia yang komprehensif untuk masa depan berkelanjutan,” ungkap Arsjad

Sementara itu, Chairman Foxconn Young Liu juga menyampaikan antusiasme dari Foxconn untuk berkomitmen mendukung pengurangan emisi dan peningkatan penggunaan kendaraan listrik. Menurutnya, Indonesia memiliki potensi besar dalam hal green mobility. Apalagi dengan adanya Ibu Kota Nusantara yang direncanakan untuk memanfaatkan energi hijau dengan transportasi massa yang terhubung dengan Internet of Things (IoT).

Baca juga : Bertemu Airlangga, Dubes Australia Sampaikan Dukungan pada KTT G20

“Acara hari ini merayakan persahabatan antara Foxconn, Indika Energy, dan Pemerintah Indonesia. Kami menunjukkan komitmen untuk mendukung target pemerintah menuju Indonesia Emas 2045 yang lebih bersih, hijau, dan lebih cerdas,” ujar Liu.

Bus listrik yang diserahkan masing-masing berkapasitas 45 orang dan digunakan selama pertemuan B20 dan G20 untuk mengantarkan tamu-tamu penting turun dari pesawat menuju ke ruang kedatangan di Bandar Udara Ngurah Rai. Bus listrik tersebut juga berfungsi sebagai bus ulang alik untuk tamu penting selama kegiatan pertemuan B20 dan G20.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.