Dark/Light Mode

Udara Jakarta Terburuk di Dunia

Jokowi Kepada Anies: Nasehati Tanpa Nyakiti

Jumat, 2 Agustus 2019 07:44 WIB
Udara Jakarta Terburuk di Dunia Jokowi Kepada Anies: Nasehati Tanpa Nyakiti

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi ikut menyoroti buruknya udara Jakarta. Jokowi memberi beragam nasehat kepada Gubernur Anies Baswedan, dalam menangkal persoalan tersebut. Tanpa menyakiti juniornya.

Jokowi yang mantan Gubernur DKI Jakarta, tak seperti kebanyakan orang yang ramai-ramai menyerang Anies.

Baca juga : Bicara Koalisi Jokowi-Prabowo, JK Kasih Nasehat `Perkawinan`

Buruknya kondisi udara Jakarta ramai dibahas sejak awal Juli lalu. Setiap hari, ada saja yang bicara masalah ini. Berbagai foto dan video yang menunjukkan Jakarta diselimuti asap polusi bertebaran di media sosial. Puncaknya, saat Air Visual, sebuah aplikasi pemantau udara, menunjukkan bahwa kondisi udara Jakarta terburuk di dunia.

Akibat hal ini, Anies jadi sasaran kritik. Banyak pihak menyalahkannya. Juga menjatuhkannya. Setelah bergulir lama, Presiden Jokowi ikut bicara. Namun, Jokowi tidak seperti yang lain, yang hanya bisa mengkritik Anies. Jokowi justru menasehati Anies. Agar memulai usaha untuk mengurangi polusi. "Ya mestinya sudah dimulai,” kata Jokowi, di Stasiun MRT Bun daran HI, Jakarta, Kamis (1/8).

Baca juga : Latvia, Mitra Dagang Terbesar Indonesia Di Kawasan Baltik

Menurut Jokowi, banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi polusi udara itu. “Kita harus mulai segera. Paling tidak transportasi umum, bus-bus. Nanti akan saya juga sampaikan ke Gubernur, bus-bus listrik, taksi listrik. Sepeda motor yang kita sudah bisa produksi, mulai listrik,” paparnya.

Jokowi juga meminta Anies melakukan upaya untuk memaksa para warga ibu kota menggunakan transportasi umum. Bagaimana caranya? Jokowi menyerahkan sepenuhnya ke Anies sebagai Gubernur DKI Jakarta. “Skemanya seperti apa, terserah Gubernur. Apakah lewat electronic road pricing yang segera dimulai, sehingga orang mau tak mau naik transportasi umum,” ungkapnya.

Baca juga : Jokowi: Kurangi Belanja Anggaran Tak Produktif

Jokowi memastikan, dalam waktu dekat, iaakan menandatangani Peraturan Presiden yang mengatur mobil listrik. Ia berharap, dengan regulasi itu, pengembangan mobil lis trik segera di mulai. Pemerintah juga bisa menyiapkan infrastruktur dalam rangka menunjang pengembangan mobil listrik tersebut.

Sehari sebelumnya, Wapres Jusuf Kalla juga mengomentari masalah udara di Jakarta. JK, sapaan Jusuf Kalla, bilang bahwa masalah polusi Jakarta memang tantangan bagi Anies. Penyebab tingginya polusi di Jakarta, lantaran banyak warga yang menggunakan mobil. “Jadi, solusinya mengurangi mobil,” kata JK, di kantor nya, waktu itu.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.