Dark/Light Mode

Udara Jakarta Terburuk di Dunia

Jokowi Kepada Anies: Nasehati Tanpa Nyakiti

Jumat, 2 Agustus 2019 07:44 WIB
Udara Jakarta Terburuk di Dunia Jokowi Kepada Anies: Nasehati Tanpa Nyakiti

 Sebelumnya 
Karena itu, JK meminta Anies dan warga Jakarta mulai mengurangi penggunaan kendaraan. JK menyadari, hal ini memang tak mudah. Butuh gerakan nasional antara masyarakat dan kepala daerah untuk menguatkan kesadaran penggunaan angkutan umum.

“Ini kan perilaku. Mau siapa pun gubernurnya, kalau perilaku (tak berubah, sama saja),” ujarnya.

Baca juga : Bicara Koalisi Jokowi-Prabowo, JK Kasih Nasehat `Perkawinan`

Anies langsung melaksanakan nasehat Jokowi tadi. Jokowi bicara siang, malam harinya Anies langsung meneken Instruksi Gubernur tentang Pengendalian Kualitas Udara. Dalam aturan itu, Anies memerintahkan jajarannya melaksanakan beberapa kebijakan dan langkah-langkah untuk mengurangi polusi. Totalnya ada tujuh instruksi. Cukup rinci dan detail.

Misalnya, Anies menginstruksikan agar tak ada angkutan umum yang berusia di atas 10 tahun, atau yang tidak lulus uji emisi beroperasi di jalan. Sejalan dengan itu, Anies meminta agar peremajaan angkutan umum melalui program Jak Lingko selesai pada 2020.

Baca juga : Latvia, Mitra Dagang Terbesar Indonesia Di Kawasan Baltik

Soal kebijakan lulus emisi dan usia kendaraan, juga akan diterapkan terhadap kendaraan pribadi. Anies juga ingin ada perluasan kebijakan ganjil-genap selama musim kemarau dan peningkatan tarif parkir di wilayah yang terlayani angkutan umum.

Anies pun menginstruksikan Dinas Bina Marga dan Dinas Perhubungan, mendorong peralihan dari kendaraan pribadi ke moda transportasi umum dan meningkatkan kenyamanan pejalan kaki. Selain pada kendaraan bermotor, Anies juga menginstruksikan pengendalian terhadap sumber penghasil polutan tidak bergerak. Misalnya, cerobong industri aktif.

Baca juga : Jokowi: Kurangi Belanja Anggaran Tak Produktif

Langkah lain untuk mengendalikan kualitas udara adalah optimalisasi tanaman berdaya serap polutan tinggi di sarana-prasarana publik. Terakhir, Anies menginstruksikan seluruh gedung sekolah, gedung pemda, dan fasilitas kesehatan memasang panel surya di atapnya. Hal ini sebagai upaya merintis peralihan ke energi terbarukan. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.