Dark/Light Mode

KTT G20 Di Bali Sudah Berakhir

Manfaat Infrastrukturnya Terasa Sampai Sekarang

Senin, 21 November 2022 07:55 WIB
Ilustrasi Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Bali. (Foto: Dok. PT Angkasa Pura I)
Ilustrasi Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Bali. (Foto: Dok. PT Angkasa Pura I)

 Sebelumnya 
“Kalau sore suka ada orang ke sini bermain dan foto-foto,” ucap Nyoman.

Sekitar 3 kilometer dari Embung Sanur, ada area persawahan yang juga sudah dirapi­kan jelang penyelenggaraan G20. Namanya, Prapat Beris Jogging Track Sanur. Lokasinya di Desa Sanur Kauh, Denpasar Selatan.

Area jogging ini lebih mirip trotoar yang dibangun di tengah hamparan sawah. Unik! Di tengah lintasan, ada susunan bambu dan kayu kecil yang membentang, menyerupai tenda. Spot bagus untuk berfoto.

Gilang, salah satu warga desa Sanur Kauh, bersyukur lantaran area itu kini jadi nyaman dila­lui. Sebelum dibangun jogging track, jalanannya sangat tidak nyaman untuk dilalui.

Baca juga : PGN Mulai Bangun Infrastruktur Gas Bumi KIT Batang

“Sekarang bagus, bisa buat main. Dulu, karena masih tanah kalau hujan ya becek campur tanah di sini,” ucap Gilang, yang tengah berteduh saat sedang menggowes sepeda.

Sayangnya, jogging track ini belum banyak diketahui masyarakat lantaran lokasinya di tengah sawah. Untuk menuju lokasi, harus melalui pemuki­man penduduk.

Sementara di area pusat penyelenggaraan KTT G20, persiapan infrastrukturnya jauh lebih wah.

Tak ada jalanan yang “bopeng”. Dari bandara sampai seluruh lokasi penyelenggaraan KTTG20, super mulus! Trotoarnya juga mulus. Bersih, tak ada sampah.

Baca juga : PGII Jadi Jalan Baru Atasi Kesenjangan Infrastruktur Negara Berkembang

Pengemudi taksi online dari Aplikasi Gojek, I Nyoman Susanta berharap, jalan raya yang sudah dirapikan ini tetap ter­jaga.

“Masyarakat maunya jalan yang sudah rapi ini bertahan lama,” harapnya.

Sementara, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, sudah jauh hari jelang G20 terlihat istimewa.

Area VVIP yang menjadi tem­pat kedatangan para pemimpin negara sudah dibuat mewah. Di bawah PT Angkasa Pura I, bandara di Bali memberi kesan yang baik kepada orang-orang penting di dunia.

Baca juga : Jokowi dan Macron Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Pertahanan

Rakyat Merdeka sempat “mencicipi” area VVIP bandara I Gusti Ngurah Rai jelang keda­tangan Presiden dari 17 negara, pada Minggu (13/11).

Sebetulnya area tersebut tidak boleh dilalui siapapun, termasuk awak media. Namun reporter dan fotografer Rakyat Merdeka berhasil lolos sampai di pelataran gerbang masuk VVIP untuk meliput situasi, jelang kedatangan pemimpin dunia pada Minggu (13/11).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.