Dark/Light Mode

Pesan Jokowi Untuk Capres 2024

Situasi Politik Harus Dijaga, Kudu Tetap Adem, Paling Banter Hangat

Senin, 21 November 2022 15:32 WIB
Pesan Jokowi Untuk Capres 2024 Situasi Politik Harus Dijaga, Kudu Tetap Adem, Paling Banter Hangat

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi mengingatkan para capres/cawapres yang akan berlaga di Pemilu 2024, untuk menjaga situasi politik agar tetap kondusif, di tengah kondisi dunia yang sangat rentan.

"Kita semua harus menjaga, agar situasi politik tetap adem. Kalau nggak bisa, paling banter ya hangat. Tapi, jangan panas. Karena situasinya tidak normal. Hati-hati, situasi dunia sedang tidak normal," kata Jokowi dalam acara Munas ke-17 HIPMI di Surakarta, Jawa Tengah, Senin (21/11). 

Baca juga : Musra 3 Kota Tetap Jalan

Jokowi sudah berkali-kali menyampaikan,14 negara kini sudah menjadi pasien Dana Moneter Internasional (IMF).

"Tahun 1997-1998, hanya lima negara saja sudah geger. Nah ini, sudah 14 negara masuk menjadi pasiennya IMF. Sebanyak 28 negara, mengantre di depan pintunya IMF. Diperkirakan, angkanya bertambah sampai 66," beber Jokowi.

Baca juga : Jokowi: Musim Basah Sudah Hampir 3 Tahun, Saya Takut Ada Musim Kering Panjang...

"Nggak mungkin, semuanya bisa mendapatkan bantuan. Nggak mungkin, karena IMF dan Bank Dunia, juga punya keterbatasan," imbuhnya.

Kepada capres dan cawapres 2024, Jokowi kembali menekankan pentingnya upaya menciptakan suasana politik yang mendukung.

Baca juga : Partai Garuda: Biarkan Itu Jadi Urusan MK

"Debat silakan, debat gagasan, debat ide membawa negara ini lebih baik, silakan. Tapi, jangan sampai panas. Apalagi membawa politik-politik SARA, tidak, jangan," kata Jokowi.

"Politisasi agama, tidak, jangan. Setuju? Politisasi agama, jangan. Jangan. Kita sudah merasakan dan itu terbawa lama. Hindari ini. Lakukan politik-politik gagasan, politik-politik ide, tapi jangan masuk ke politik SARA, politisasi agama, politik identitas, jangan. Sangat berbahaya, bagi negara sebesar kita Indonesia, yang sangat beragam," tegasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.