Dark/Light Mode

Indonesia Deklarasi 5 Langkah Konkrit Kendalikan Resistensi Antimikroba

Rabu, 23 November 2022 06:59 WIB
Direktur Kesehatan Masyarakat Veteriner, Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan drh. Syamsul Maarif saat menyerahkan plakat penghargaan kepada perwakilan pelaku usaha perunggasan di Jakarta, Selasa (22/11). (Foto: Istimewa)
Direktur Kesehatan Masyarakat Veteriner, Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan drh. Syamsul Maarif saat menyerahkan plakat penghargaan kepada perwakilan pelaku usaha perunggasan di Jakarta, Selasa (22/11). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Pada kesempatan tersebut, Menteri Pertanian juga mengajak berbagai pihak khususnya sektor swasta untuk berkontribusi nyata dalam aksi pengendalian AMR di Indonesia.

Dikatakan, Sub sektor peternakan merupakan salah satu sub sektor yang sangat penting dalam upaya mengendalikan resistensi antimikroba.

Baca juga : IndiHome & Vidio Kolaborasi Tayangkan Siaran Piala Dunia 2022

Menurut Nasrullah, AMR dapat mengancam produktivitas ternak dan berpotensi menghambat penyediaan pangan bagi masyarakat, lantaran hewan yang sakit kehilangan kemampuannya untuk membunuh mikroorganisme yang menginfeksi ternak.

"Resistensi antimikroba tidak hanya berdampak pada meningkatnya tantangan manajemen kesehatan hewan, namun juga ancaman bagi kesehatan masyarakat karena bakteri resisten dapat menyebar melalui rantai makanan," ungkap Nasrullah.

Baca juga : Beko Hadirkan Perangkat Cerdas, Jadikan Dapur Fleksibel Untuk Aktivitas Tak Terbatas

Antimikroba sangat diperlukan bagi sub sektor peternakan, dan banyak digunakan di industri perunggasan.

Maka dari itu dibutuhkan inisiatif dari pihak industri perunggasan untuk berperan secara konkrit dalam upaya pencegahan AMR melalui penerapan praktik-praktik yang baik di tingkat budidaya dan penyediaan pangan asal hewan.

Baca juga : Bali Leaders Declaration Dipastikan Bermanfaat Bagi Dunia

Nasrullah juga menegaskan bahwa momentum ini menjadi wadah untuk memperkuat kerja sama PublicPrivate Partnership (PPP) industri perunggasan dalam melakukan praktik baik penggunaan antimikroba yang bijak dan bertanggung jawab. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.