Dark/Light Mode

Di Ajang Sail Tidore

Zulhas Geber Kemendag Jualan Rempah-rempah

Minggu, 27 November 2022 07:55 WIB
Menko Maritim dan Investasi Luhut Pandjaitan saat menghadiri Sail Tidore 2022. (Foto: Nur Rochmannudin/Rakyat Merdeka/RM)
Menko Maritim dan Investasi Luhut Pandjaitan saat menghadiri Sail Tidore 2022. (Foto: Nur Rochmannudin/Rakyat Merdeka/RM)

 Sebelumnya 
“Yang jadi masalah, orang sini biasanya pakai tengkulak. Sekarang promosinya dibantu ITPC kita yang ada di luar negeri, ada 40 jumlahnya. Membantu rempah-rempah yang ada di sini. Bisa memberikan manfaat keun­tungan yang lebih layak,” janji pria yang juga Ketua Panitia Sail Tidore ini.

Sekadar informasi. ITPC adalah unsur pelaksana teknis yang merupakan bagian dari perwakilan Indonesia di luar negeri. Salah satu tugasnya, pengembangan pasar dan pro­mosi perdagangan.

Sementara, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menganggap penting Sail Tidore lantaran bisa memperkuat branding “Bangga Berwisata di Indonesia”.

Baca juga : Ajang Kemendag Promosikan Produk Lokal

Menurutnya, Indonesia bisa berjaya dan begitu indah, karena tak lepas dari persatuan meski memiliki latar belakang yang berbeda.

Dengan persatuan itu, ekonomi kerakyatan dapat terbangun dengan baik. Karenanya, Luhut menitipkan perbedaan ini kepada Pemerintah Pusat dan daerah agar masyarakat dapat menjaga persatuan di tengah perbedaan. Sehingga, kekayaan yang dimiliki dapat dikelola dengan baik dan berkelanjutan.

“Secara khusus saya juga ingin meminta Kementerian Parekraf, Kementerian Perdagangan, dan Pemerintah Daerah untuk mengoptimalkan pemanfaatan potensi pariwisata Tidore ke depannya. Banyak sekali harta karun yang tersembunyi di sini,” ungkap Luhut.

Baca juga : Di Depan Tony Blair, Telkom Pamer Keunggulan Ekosistem Digital Di Bali

Sementara Wali Kota Tidore Kepulauan Capt Ali Ibrahim mengakui, Tidore dipilih karena kejadian 500 tahun silam, ber­peran penting mereka bangsa-bangsa.

Terlebih, Tidore merupakan satu-satunya daerah di Indonesia yang menjadi anggota GNMC.

“Kami berharap perhatian Pemerintah Pusat tidak berakhir usai Sail Tidore,” harapnya.

Baca juga : Kemenkes, Jangan Diam Saja

Selain dihadiri Zulhas, Luhut, dan Ali Ibrahim, acara ini juga dihadiri Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Selaku tuan rumah, Wakil Wali Kota Tidore Muhammad Sinen, Sultan Tidore H Husain Alting Sjah, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, serta perangkat pemerintahan dan sejumlah pejabat daerah lainnya.

Sejumlah perwakilan atau delegasi dari sejumlah negara tu­rut hadir pada acara ini. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.