Dark/Light Mode

Indonesia Pimpin Pengembangan Genomik Level Asia Tenggara

Senin, 5 Desember 2022 12:22 WIB
Foto: Sok
Foto: Sok

 Sebelumnya 
Menkes mengatakan, dengan ilmu genomik, pihaknya dapat menyesuaikan dan mempersonalisasi perawatan untuk setiap orang menuju pengobatan presisi. Menyadari pentingnya dan potensi penggunaan teknologi genom manusia, Kementerian Kesehatan Indonesia telah meluncurkan inisiatif genomik nasional pertama melalui Biomedical and Genome Science Initiative atau BGSi sebagai fondasi.

Diharapkan pada tahun depan adopsi teknologi sudah dapat dimanfaatkan. Tahapan yang kedua adalah dengan membangun platform dan kapasitas, dimana saat ini indonesia dalam tahapan meningkatkan kapasitas sekuensing.

Baca juga : Angkasa Pura I Pastikan Penerbangan di Bandara Juanda Tak Terganggu Erupsi Semeru

Dalam dua tahun terakhir terjadi peningkatan, dimana pada tahun 2020 Indonesia hanya mampu melaksanakan 140 genome sequencing, namun pada akhir 2021 indonesia mampu melaksanakan 2000 pemeriksaan genomic.

"Angka ini diprediksi akan mencapai 8 ribu sampai 10 ribu di akhir tahun 2022," jelas Menkes. Studi genom memainkan peran penting dalam mengubah sistem atau tindakan perawatan kesehatan publik dengan memberikan pemahaman mendalam tentang bagaimana genomik dan DNA memberikan pengaruh pada kondisi kesehatan personal.

Baca juga : Sharp Indonesia Bangun Fasilitas Sanitasi Bagi Pengungsi Gempa Cianjur

“Saya sangat yakin kita membutuhkannya. Kapasitas laboratorium yang sangat kuat, pusat kapasitas bioinformatik yang sangat kuat dan kapasitas Sumber daya Manusia yang mendukung” terang Menkes.

Melalui Konferensi ini, diharapkan menjadi ajang untuk berbagi dan berdiskusi tentang kegiatan genom terbaru negara-negara anggota ASEAN; mentransfer pengetahuan dan inovasi di bidang genomik; membangun kerja sama yang kuat antara negara-negara, termasuk pemerintah, akademisi, dokter dan sektor swasta. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.