Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Lagi, Jokowi Kunjungi Korban Gempa Cianjur

Ingat, Duit Bantuan Buat Bangun Rumah

Jumat, 9 Desember 2022 07:55 WIB
residen Jokowi saat meninjau rumah contoh tahan gempa di Yonif Raider 300, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, Kamis (8/12/2022). (Foto: BPMI Setpes/Laily Rachev)
residen Jokowi saat meninjau rumah contoh tahan gempa di Yonif Raider 300, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, Kamis (8/12/2022). (Foto: BPMI Setpes/Laily Rachev)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi kembali mengunjungi korban gempa Cianjur, Jawa Barat. Kali ini, Kepala Negara menyerahkan uang bantuan tahap pertama untuk 8.100 orang korban, untuk membangun kembali rumah mereka yang rusak.

Bantuan yang diberikan ditambah antara Rp 5 juta sampai Rp 10 juta per orang. Semula, untuk rumah rusak berat diberikan Rp 50 juta menjadi Rp 60 juta, rusak sedang dari Rp 25 juta menjadi Rp 30 juta, dan rusak ringan dari Rp 10 juta menjadi Rp 15 juta.

Baca juga : Jokowi Selalu Bersama Rakyat Yang Kesusahan

“Saya serahkan uang bantuan untuk 8.100 orang korban gempa di Cianjur. Nilai bantuannya sama dengan bantuan untuk korban bencana di NTB dan Palu,” kata Jokowi, saat menyerahkan bantuan di Batalyon Raider 300 Desa Sukataris, Kecamatan Karangtengah, Cianjur, kemarin.

Pemerintah memutuskan menambah nilai bantuan atau stimulan bagi warga yang rumahnya rusak akibat gempa, setelah berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan, yang menyatakan masih ada anggaran tersedia.

Baca juga : Toyota Indonesia Serahkan Bantuan Untuk Korban Gempa Cianjur Ke PMI

“Tambahan dana bantuan atau stimulan untuk korban yang rumahnya rusak akan segera masuk ke rekening masing-masing. Namun, harus menunggu dan dipastikan masuk karena keputusannya baru Kamis pagi,” tutur eks Wali Kota Solo ini.

Sedangkan proses pencairan dilakukan secara bertahap. Tahap pertama, dicairkan 40 persen dari dana bantuan yang masuk. Setelah tuntas, akan dicairkan tahap berikutnya.

Baca juga : Lagi, Prabowo Turun Gunung Ke Lokasi Gempa Cianjur

Jokowi meminta dana tersebut benar-benar digunakan untuk membangun rumah, bukan untuk keperluan lain.

Selain bantuan uang tunai, Jokowi juga meninjau rumah contoh yang tahan gempa di Yonif Raider 300, Kecamatan Karang tengah, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.