Dark/Light Mode

Lagi, Jokowi Kunjungi Korban Gempa Cianjur

Ingat, Duit Bantuan Buat Bangun Rumah

Jumat, 9 Desember 2022 07:55 WIB
residen Jokowi saat meninjau rumah contoh tahan gempa di Yonif Raider 300, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, Kamis (8/12/2022). (Foto: BPMI Setpes/Laily Rachev)
residen Jokowi saat meninjau rumah contoh tahan gempa di Yonif Raider 300, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, Kamis (8/12/2022). (Foto: BPMI Setpes/Laily Rachev)

 Sebelumnya 
Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menyebutkan, dua skema pembangunan rumah tersebut. Pertama, kalau yang punya rumah itu mampu, dia bisa mengerjakan sendiri dan didampingi supaya rumah yang diperbaiki tetap tahan gempa.

Kedua, kalau ingin menyerahkan kepada Pemerintah, nanti ada TNI dan pihak ketiga, ada rumah contoh.

Baca juga : Jokowi Selalu Bersama Rakyat Yang Kesusahan

“Beberapa rumah contoh sudah dibangun dan nanti yang akan dilihat di Yonif 300 Raider,” bebernya.

Rumah contoh tersebut memiliki spesifik berupa fondasi batu kali dengan struktur baja CNP yang dibungkus mortar.

Baca juga : Toyota Indonesia Serahkan Bantuan Untuk Korban Gempa Cianjur Ke PMI

Dinding rumah tersebut menggunakan bata ringan yang diaci dan dicat, sedangkan kusen dan rangka atapnya memakai baja ringan.

Rumah tahan gempa serupa juga pernah dibangun sebagai hunian tetap (huntap) korban gempa di Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan.

Baca juga : Lagi, Prabowo Turun Gunung Ke Lokasi Gempa Cianjur

Kepala Badan Nasional Penang gulangan Bencana (BNPB) Suharyanto menjelaskan, rumah tahan gempa merupakan salah satu skema untuk perbaikan rumah warga terdampak gempa Cianjur.

Dia mengatakan, pencairan bantuan bagi perbaikan rumah warga yang rusak akibat gempa Cianjur akan terbagi dalam lima tahap. Dia berharap, seluruh rumah warga sudah selesai diperbaiki pada Juni-Juli 2023. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.