Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

RI Jadi Ketua ASEAN 2023, Wamendag Dorong Integrasi Perdagangan

Jumat, 16 Desember 2022 09:54 WIB
Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga. (Foto: Ist)
Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia akan menjadi Ketua ASEAN pada 2023. Sebagai negara terbesar baik secara wilayah, jumlah penduduk dan kekuatan ekonomi, Indonesia akan melanjutkan kerja substantif dalam rangka integrasi ekonomi dan perdagangan. 

Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga mengatakan, sebagai Ketua ASEAN, Indonesia menekankan pentingnya integrasi ekonomi dan perdagangan di ASEAN untuk mengoptimalkan potensi di kawasan tersebut. 

Selain ASEAN, Jerry menekankan, negara-negara Asia Tenggara juga telah bekerja sama secara bilateral maupun multilateral dalam berbagai perjanjian ekonomi dan perdagangan. Menurutnya, ini harus diimplementasikan secara nyata untuk mencapai pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan yang lebih inklusif. 

Baca juga : Tak Cuma Seremonial, Kemitraan ASEAN-UE Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Eks Anggota DPR ini menuturkan, perjanjian ASEAN dengan negara-negara lain seperti dalam RCEP dan beberapa negara seperti Korea dan Jepang juga harus dioptimalkan untuk membentuk rantai pasok (supply chain) yang lebih lancar dan integratif. 

Hal ini bagi Jerry akan membuat ASEAN makin bertumbuh dan menjadi kawasan produktif dan terkemuka. "ASEAN terus berkembang dan bertumbuh. Kita bisa memanfaatkan perjanjian di internal ASEAN sendiri maupun dengan mitra-mitra di luar ASEAN agar ekonomi kawasan ini makin kuat," kata Wamendag dalam keterangan resminya, Jumat (16/12).

Jerry mengutip pernyataan dan visi Presiden Joko Widodo mengenai pentingnya kolaborasi dalam menghadapi kondisi global pasca pandemi dan dalam kondisi masih terjadinya konflik Rusia-Ukraina.

Baca juga : Jokowi Ke Brussels Demi Investasi Dan Perdagangan

Jerry menilai, Presiden Jokowi selalu menekankan pentingnya komunikasi dan dialog untuk mewujudkan perdamaian dan kerja sama. Ia yakin bahwa negara-negara ASEAN berkomitmen untuk mewujudkan hal tersebut. 

"Kultur ASEAN adalah kultur damai dan dialog. Masih banyak agenda untuk mewujudka integrasi dan perdagangan ASEAN, tapi saya yakin semua negara ASEAN berkomitmen mewujudkan hal tersebut. Inilah salah satunya yang akan terus didorong Indonesia dalam Keketuaan ASEAN, khususnya di bidang perdagangan," jelasnya.

Wamendag melihat kepentingan nasional tentu akan menjadi hal utama dalam mendorong integrasi ASEAN. Karena, kepentingan nasional itu akan diwujudkan secara riil dalam berbagai sektor perdagangan, khususnya menyangkut kebijakan hilirisasi komoditas, perdagangan jasa, perdagangan produk barus seperti produk digital dan sebagainya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.