Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kepala BSKDN Tegaskan Pentingnya Pemda Bangun Innovation Hub Untuk Perkuat Kolaborasi

Selasa, 20 Desember 2022 23:07 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Yusharto Huntoyungo menegaskan pentingnya pemerintah daerah (Pemda) membangun innovation hub untuk memperkuat kolaborasi.

Hal itu disampaikannya secara daring saat menjadi narasumber dalam acara Forum Diskusi Penguatan Inovasi Daerah di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dari Ruang Video Conference BSKDN Jakarta, Selasa (20/12).

Dalam paparannya, Yusharto menjelaskan, innovationhub merupakan sarana berinteraksi antar aktor inovasi baik secara fisik, virtual, maupun perpaduan antara keduanya.

Baca juga : Rieke: Data Desa Presisi Penting Agar Anggaran Pembangunan Tepat Sasaran

Dia menambahkan, innovation hub juga menjadi wadah bagi para aktor inovasi untuk saling berbagi, belajar, hingga mengeksplorasi ilmu pengetahuan dan teknologi demi terciptanya inovasi agar mampu bersaing secara global.

"Bapak/Ibu sekalian yang kami tawarkan selaku institusi ialah menjadi innovation hub di titik awal dan juga menjadi hub untuk pengembangan kebijakan di Kementerian Dalam Negeri dan pemerintah daerah ke depannya," jelas Yusharto.

Yusharto meyakini daerah dapat meningkatkan inovasinya, jika didukung dengan tenaga peneliti yang mumpuni dan ekosistem penelitian yang baik.

Baca juga : Kepala BSKDN Kemendagri Beberkan Data Indeks Inovasi Daerah 2022

Tidak hanya itu, kerja sama dengan berbagai pihak juga diperlukan agar hasil rumusan kebijakan sesuai dengan kondisi di tengah masyarakat.

"Tentu sangat beruntung jika daerah memiliki peneliti, di Jawa Timur (Balitbangda Provinsi Jawa TImur) mungkin yang terbanyak di seluruh Indonesia yakni 21 peneliti, kami coba menghimpun semua kekuatan ini untuk kita bisa hub di level regional maupun nasional," tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Yusharto juga mengapresiasi inovasi yang ada di wilayah Jawa Timur sekaligus memberikan saran agar Pemda Jatim terus berupaya meningkatkan ekosistem inovasi.

Baca juga : BSKDN Terangkan Pentingnya Pembentukan BRIDA

"Kalau dinilai dari kinerja inovasi, daerah khusus Jawa Timur ini grafik SDM nya terbukti Jawa Timur penelitinya terbanyak, ini menjadi dependen variabel, agar variabel-variabel lainnya juga bergerak ke arah lebih tinggi. Ekosistem inovasi dan kajian juga perlu terus ditingkatkan," pungkas Yusharto. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.