Dark/Light Mode

Kemendikbudristek Serius Gali Talenta Indonesia

Kamis, 22 Desember 2022 15:57 WIB
Sekjen Kemendikudristek Suharti. (Foto: Ist)
Sekjen Kemendikudristek Suharti. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Johan Lukito, salah satu penerima manfaat BIM menyampaikan rasa bangga dan terima kasihnya kepada Puspresnas.

Menurut Johan, Puspresnas telah serius mengelola talenta berprestasi di Indonesia melalui insentif komprehensif.

"Semisal kalian peraih medali, akan lebih mudah diterima di perguruan tinggi negeri (PTN) atau seperti aku yang bisa diberikan beasiswa penuh untuk belajar menempuh beasiswa S1 di Kanada. Semua proses seleksi ini juga dilakukan dengan sangat holistik dan tidak diskriminatif,” tutur pria yang pernah mengikuti World School Debating Championship.

Baca juga : Kolaborasi Seluruh Pemangku Kepentingan, Kunci Sukses Pengembangan Talenta Indonesia

Sementara itu, Tavip Tria Candra, Kepala Sekolah SMA Negeri 8 Pekanbaru meyakini kompetisi yang diselenggarakan Kemendikbudristek memberi kesempatan bagi generasi muda untuk mengasah kemampuan akademik dan nonakademik semakin baik.

"Kompetisi menjadi motivasi dan semangat bagi siswa dan pendidik untuk meningkatkan kompetensi pada berbagai bidang lomba yang diikutinya. Ini sangat penting untuk membentuk daya tahan generasi muda di masa mendatang," jelasnya.

Yenti Joman selaku Director of Government Affairs Huawei Indonesia turut menyampaikan apresiasi kepada Puspresnas. Diingatkannya, persiapan talenta unggul di Indonesia sangat penting dilaksanakan dan menjadi perhatian semua pihak guna mendukung visi Indonesia Emas 2045.

Baca juga : PERTASPI Majukan Industri dan Pelaku Semipermanen Make Up di Indonesia

"Semoga dengan kolaborasi yang baik antarkedua belah pihak dapat melahirkan talenta digital yang unggul serta cerdas dan berkarakter untuk Indonesia yang semakin maju," harapnya.

Sementara Rektor Universitas Muhammadiyah Malang Fauzan, mengapresiasi upaya yang dilakukan Kemendikbudristek dalam memfasilitasi lahirnya talenta-talenta baru di Indonesia.

Menurutnya, dengan upaya tersebut,akan terjadi akselerasi kemajuan Indonesia di berbagai bidang, terutama dalam menyongsong bonus demografi dan Indonesia Emas di tahun 2045.

Baca juga : 8 Investor Jajaki Peluang Investasi Di Indonesia

"Mudah-mudahan acara yang berorientasi untuk mengeksplorasi berbagai talenta yang dimiliki oleh mahasiswa terus dapat dilaksanakan,” harap Rektor Universitas yang pernah menjadi tuan rumah dalam ajang perhelatan Pekan Ilmiah Mahasiswa tahun 2022 itu. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.