Dark/Light Mode

Pastikan Ruang Publik Bebas Narasi Intoleran, Provokasi Dan Kekerasan

BNPT Bersama Seluruh Pihak Berkomitmen Lawan Ideologi Terorisme

Selasa, 27 Desember 2022 18:43 WIB
Foto: Humas BNPT.
Foto: Humas BNPT.

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bersama para mitra akan terus berkomitmen memberdayakan dan melibatkan seluruh elemen bangsa dalam melakukan upaya penanggulangan terorisme.

Mengingat, dibutuhkan upaya bersama untuk memastikan ruang publik bebas dari narasi intoleran, provokasi, dan kekerasan.

Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar mengatakan, jika tidak akan ada institusi yang dapat bekerja sendiri dalam menghadapi paparan ideologi yang mendukung kekerasan dalam mencapai tujuan.

Baca juga : Indonesia-Kanada Teken Kerja Sama Penanggulangan Terorisme 

Oleh sebab itu perlu kolaborasi antara pemerintah, masyarakat dan juga generasi muda dengan satu semangat.

“Tidak ada satupun institusi yang bisa bekerja sendiri, kita bersama mitra adalah representasi masyarakat, pemerintah dan generasi muda. Acara ini juga upaya kita menjaga semangat kolektif bangsa Indonesia dalam melawan ideologi terorisme," ujar Boy. 

Hal itu dikatakannya, saat membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme, Gugus Tugas Pemuka Agama, Duta Damai Dunia Maya dan Duta Damai Santri, di Lapangan Biwara Kantor Pusat BNPT, Bogor, Selasa (27/12).

Baca juga : BNPT Gandeng PT Pupuk Kaltim Lawan Ideologi Terorisme

Sepakat dengan Kepala BNPT, Koordinator Duta Damai Dunia Maya Provinsi Jawa Barat Ridwan Rustandi juga mengatakan, jika saat ini Duta Damai telah berupaya membawa semangat kolektif tersebut ke dunia digital lewat program Nasionalisme Digital.

"Saat ini, kita menyiapkan program Nasionalisme Digital” jelasnya, dalam sesi Talkshow bertema Kiprah Mitra BNPT dalam Pencegahan Terorisme.

Menurut Ridwan program tersebut akan dimulai dengan membangun ketahanan diri anak muda dari konten-konten radikal di dunia maya.

Baca juga : Kepala BNPT: Nilai-Nilai Adat Bisa Persempit Penyebaran Ideologi Terorisme

Diharapkan, adanya stimulus yang positif pada akhirnya akan menjadi pondasi ketahanan bangsa Indonesia. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.