Dark/Light Mode

PUPR Bangun Rusun Muhammadiyah Rp 15,17 Miliar di Kota Baubau

Senin, 23 Januari 2023 22:08 WIB
Rumah susun mahasiswa Universitas Muhammadiyah Buton  mulai dibangun  dengan dilakukannya peletakan batu pertama atau groundbreaking, Senin (23/1).
Rumah susun mahasiswa Universitas Muhammadiyah Buton mulai dibangun dengan dilakukannya peletakan batu pertama atau groundbreaking, Senin (23/1).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pembangunan rumah susun senilai Rp 15,17 miliar untuk mahasiswa Universitas Muhammadiyah Buton di Kota Baubau, Provinsi Sulawesi Tenggara, mulai dibangun. Hal ini ditandai dengan dilakukannya peletakan batu pertama atau groundbreaking.  

Rusun tersebut, akan dilengkapi dengan fasilitas lengkap termasuk meubelair sehingga membantu mahasiswa untuk bisa fokus belajar dan tinggal di hunian vertikal yang layak huni.

”Rusun untuk asrama mahasiswa ini merupakan upaya Pemerintah untuk melatih para mahasiswa terbiasa tinggal di hunian vertikal. Selain itu kami juga ingin perguruan tinggi di daerah bisa meningkatkan kualitas pendidikannya,” ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto di Jakarta, Senin (23/1).

Baca juga : Jokowi Resmikan Rusun Kejati Senilai Rp 19,77 Miliar di Manado

Selain itu, Iwan juga berharap agar dengan hadirnya Rusun tersebut dapat mencetak mahasiswa yang cerdas dari sisi akademik dan spritualnya sehingga dapat memberikan konstribusi untuk Kota Baubau secara khusus. Selain itu, juga berkontribusi bagi bangsa dan negara dan berkiprah secara internasional.

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Sulawesi III, Iskandar Ismail menerangkan lokasi pembangunan Rusun berlokasi KM. 5  Kelurahan Kadolokatapi, Kota Baubau.

Berdasarkan data yanga ada, spesifikikasi Rusun tersebut dibangun satu tower setinggi tiga lantai. Rusun tersebut memiliki 43 unit hunian tipe 24 dan dua ruang serbaguna serta dapat menampung sebanyak 168 mahasiswa. Sedangkan proses konstruksi pembangunan Rusun direncanakan sekitar 10 bulan.

Baca juga : Dukung PAM JAYA, Muhammadiyah Sosialisasi Kedaulatan Air Untuk Warga Jakarta

"Harapannya mahasiswa dapat belajar dengan tenang sehingga meningkatkan nilai belajar. Kami mohon doa dan dukungannya agar Rusun dapat dibangun tepat waktu dan segera dimanfaatkan," katanya.

Rektor Universitas Muhammadiyah Buton Dr. Waode Al Zarliani, SP.,MM menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah. 

”Akhirnya pembangunan Rusun dapat terealisasi di lapangan. Rusun ini nantinya akan diperuntukkan bagi mahasiswi,’ katanya.

Baca juga : RI Jadi Tuan Rumah WHC 2023, Menteri ESDM: Kita Sudah Siap

Ditambahkan Walikota Baubau, Laode Ahmad Monianse, berharap Rusun dapat menjadi miniatur Indonesia di mana mahasiswa dengan berbagai latar belakang suku, agama dan ras dapat berkumpul, berkolaborasi dan mengukuhkan persatuan. 

"Kami harap Rusun dapat menjadi tempat konsolidasi generasi muda dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan persatuan,” harapnya.â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.