Dewan Pers

Dark/Light Mode

Bakamla Bangun Sistem Pemantauan Maritim Nasional di Bengkalis

Selasa, 24 Januari 2023 22:33 WIB
Pengukuhan kerja sama Bakamla dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis yang diteken oleh Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr Aan Kurnia dan Bupati Bengkalis Kasmarni, Selasa (24/1).
Pengukuhan kerja sama Bakamla dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis yang diteken oleh Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr Aan Kurnia dan Bupati Bengkalis Kasmarni, Selasa (24/1).

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla) akan membangun Sistem Pemantauan Maritime Nasional atau National Maritime Surveillance System (NMSS) di Kabupaten Bengkalis. 

Hal tersebut ditandai dengan pengukuhan kerja sama Bakamla dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis yang diteken oleh Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr Aan Kurnia dan Bupati Bengkalis Kasmarni. 

Sinergi terhadap keamanan dan keselamatan Laut ini dilaksanakan di Aula Ary Hasibuan Mabes Bakamla, Jakarta Pusat, Selasa (24/1).

Berita Terkait : Moeldoko Ajak Dunia Bangun Sistem Peringatan Dini Krisis Pangan

Adapun ruang lingkup kerja samanya, di antaranya, Penyediaan fasilitas infrastruktur berupa lahan dan atau bangunan/kantor serta fasilitas lain untuk mendukung peningkatan keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Kabupaten Bengkalis, Pemanfaatan teknologi dan sarana prasarana untuk mendukung kelancaran kegiatan peningkatan keamanan dan keselamatan wilayah perairan Kabupaten Bengkalis, Pelibatan Sumber Daya Manusia (SDM) maupun Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten Bengkalis dalam upaya peningkatan pelaksanaan keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Kabupaten Bengkalis, Pemberdayaan masyarakat pesisir dalam rangka mendukung peningkatan pelaksanaan keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Kabupaten Bengkalis, Peningkatan kapasitas sumber daya manusia di bidang keamanan dan keselamatan laut dan Pertukaran informasi di bidang keamanan dan keselamatan laut.

“Jadi rencana ada 35 titik seluruh Indonesia yang akan di pasang NMSS. Salah satunya adalah wilayah Kabupaten Bengkalis. Dan dari 35 titik, tahun ini Kabupaten Bengkalis menjadi wilayah yang masuk dalam program prioritas pembangunan. Paling tidak tahun ini kita akan bangun ada shelter, kemudian ada radar, ada long range camera, dan ada sarana komunikasi dan informasi,” ujar Laksdya TNI Dr Aan Kurnia dalam sambutannya.

Ia mengatakan, Dalam kerja sama ini, ia berharap Lebih lanjut, dikatakannya, mudah-mudahan tidak berubah dan Kabupaten Bengkalis adalah salah satu prioritas kita. Dan kedepan  harapan saya  

Berita Terkait : Industri Penerbangan Kita Bakal Kerek Cuan

Dalam kerja sama ini, Ia mengharapkan ada putra putri Bengkalis bisa bergabung di Bakamla, dan akan ditempatkan di Stasiun Bengkalis dan bisa juga di Mabes Bakamla ataupun di kapal-kapal Bakamla. 

“Ini bukan semata-mata untuk Bakamla, tapi semua ini untuk mengamankan perairan Indonesia,” jelas Aan.

Di tempat sama, Bupati Bengkalis mengatakan, penandatanganan Nota Kesepahaman dan Naskah Hibah Barang Milik Daerah ini merupakan langkah yang sangat tepat guna menyelaraskan sumber daya yang dimiliki oleh masing-masing pihak dengan prinsip saling menguntungkan sesuai perundang-undangan.

Berita Terkait : Erick: Perbaikan Ekonomi Nasional Tak Boleh Putus Di Tengah Jalan

“Besar harapan lahan yang kami hibahkan seluas 9000 m2 dapat segera dibangun dan mohon saat perekrutan pegawai Bakamla dapatnya untuk prioritaskan putra putri daerah Bengkalis,” kata Bupati.

Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Barang Milik Daerah dan Berita Acara Serah Terima Hibah yang ditandatangani antara Bupati Bengkalis Kasmarni dan Kepala Biro Sarpras Bakamla Laksma Bakamla Supriatno.

Momen terikatnya kerja sama ini, turut dihadiri oleh jajaran petinggi dari Bakamla RI, antara lain Plt. Sestama Bakamla Lakda Bakamla Tatit E Witjaksono, Plt. Deputi Inhuker Bakamla Laksma Bakamla Dr. Samuel H. Kowaas, Kepala Biro Umum Bakamla Laksma Bakamla Amin BC, Direktur Kebijakan Keamanan Laut Laksma Bakamla Heru Sriyanta, dan Inspektur Bakamla Laksma Bakamla Laksma Bakamla Mulyono, serta beberapa jajaran pejabat Pemkab Bengkalis.■