Dark/Light Mode

Pj Kepala Daerah Gagal Kendalikan Inflasi

Mendagri: Saya Akan Lapor Presiden, Ganti!

Rabu, 25 Januari 2023 07:50 WIB
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian saat Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah di Sasana Bhakti Praja, Kantor Pusat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta, Selasa (24/1/2023). (Foto: Kemendagri)
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian saat Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah di Sasana Bhakti Praja, Kantor Pusat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta, Selasa (24/1/2023). (Foto: Kemendagri)

 Sebelumnya 
“Artinya, jangan cepat kita berpuas diri. Kita harus menca­pai target di angka 3 persenan. Itu target nasional pada waktu paripurna kemarin,” beber eks Kapolri itu.

Upaya pengendalian itu juga sejalan dengan target penurunan inflasi yang dicanangkan Bank Indonesia pada 2023 sekitar tiga persen. Target ini mengharuskan semua pihak bekerja lebih keras mengendalikan laju inflasi.

Untuk mencapai hal tersebut, mantan Kapolda Sumatera Se­latan (Sumsel) ini menekankan perlunya kerja keras dari seluruh pihak.

Baca juga : Di Depan Kepala Daerah, Kepala BIN Beberkan Hasil Analisis Intelijen Tentang Perekonomian

Tidak hanya Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah juga diminta melakukan intervensi kebijakan untuk mengendalikan inflasi tersebut.

Tito mengungkapkan, banyak daerah yang melakukan langkah intervensi dengan baik, meski ada kecenderungan terjadi penu­runan akhir-akhir ini.

Dari 6 langkah pokok pengendalian inflasi, jumlah daerah yang telah melakukan 4-5 upaya konkret menurun, dari 176 daerah (per 31 Desember 2022) menjadi 27 daerah (24 Januari 2023).

Baca juga : Cari Jalan Keluar Soal Liga 2, Menpora: Presiden Memantau

Berikutnya, jumlah daerah yang melakukan 1-3 upaya konkret juga turun, dari 193 daerah menjadi 156 daerah.

Sebaliknya, jumlah daerah yang sama sekali tidak melaku­kan upaya konkret justru naik tajam, dari 17 daerah menjadi 331 daerah.

Karena itu, Tito meminta Pemda bergerak lebih cepat dalam upaya mengendalikan inflasi. “Itu harapan kita,” tan­dasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.