Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Beri Kuliah Umum, Moeldoko Tekankan Pentingnya Manajemen Talenta Nasional Pada Ribuan Mahasiswa

Kamis, 26 Januari 2023 21:32 WIB
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko memberikan kuliah umum di hadapan ribuan mahasiswa Universitas Kristen Indonesia Paulus (UKI) Makassar, Sulawesi Selatan, pada Kamis (26/1). (Foto: Dok. KSP)
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko memberikan kuliah umum di hadapan ribuan mahasiswa Universitas Kristen Indonesia Paulus (UKI) Makassar, Sulawesi Selatan, pada Kamis (26/1). (Foto: Dok. KSP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Saat memberikan kuliah umum di hadapan ribuan mahasiswa Universitas Kristen Indonesia Paulus (UKI) Makassar pada Kamis (26/1), Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menekankan pentingnya program Manajemen Talenta Nasional (MTN) untuk mempersiapkan sumber daya manusia menghadapi tantangan global di masa depan.

Ia berharap agar anak-anak muda mulai melihat potensi-potensi di dalam negeri untuk mulai mengejar keberhasilan negara-negara maju.

“Terutama terkait dengan pertumbuhan ekonomi nasional kedepan, tantangan sumber daya manusia Indonesia adalah mampu mengamati upaya-upaya yang sudah diimplementasikan oleh negara-negara besar, sehingga kita pun bisa menuju ke posisi yang sama seperti mereka,” ujar Moeldoko saat memberikan kuliah umum di Aula Gedung Lilin, UKI Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (26/1).

Baca juga : Komunitas Nelayan Pendukung Ganjar Berikan Bantuan Bahan Bakar

Ia menambahkan, sudah beberapa tahun lalu, KSP bersama Bapennas telah menggodok MTN. Grand design pun sudah disiapkan.

"Melalui MTN ini akan diciptakan ekosistem talenta yang berkualitas di tiga bidang diantaranya riset teknologi inovasi, olahraga, dan seni budaya,” ujar Moeldoko.

Ia memaparkan data Global Innovation Index 2021 yang menempatkan Indonesia di posisi 87 dari total 132 negara. Ini artinya Indonesia masih jauh tertinggal dalam berinovasi mengatasi tantangan-tantangan di berbagai bidang.

Baca juga : Lika-liku Kisah Di Balik Penetapan Imlek Sebagai Hari Libur Nasional Di Indonesia

“Global National Index harus dikejar agar kita bisa berdekatan dengan negara-negara besar,” kata Moeldoko.

Menurutnya hal ini akan terus didorong karena anak-anak Indonesia memiliki inovasi tinggi yang bisa menjadi intelektual properti bagi bangsa. Maka dengan MTN, harapannya anak-anak hebat seperti kalian bisa berkembang dan berdaya.

Dalam pemaparan materi kuliahnya, Purnawirawan Panglima TNI tersebut juga mengajarkan model kepemimpinan ala Moeldoko atau yang dinamai sebagai teori M-Leadership, terdiri dari 3 aspek yakni Move, Motivate, and Make A Difference.

Baca juga : UAI Gelar Bedah Buku Tentang Pentingnya Memahami Islamisasi Ilmu

Dalam hal ini, Move adalah lompatan-lompatan penting yang dibutuhkan untuk mencapai kemajuan, Motivate adalah jiwa kepemimpinan yang berkaitan dengan melawan rasa takut pada diri sendiri, dan Make a Difference adalah berupa langkah-langkah inovasi yang bisa dilakukan secara nyata.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.