Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pemerintah Siapkan Jurus Jitu Hadapi Kekeringan

Jumat, 27 Januari 2023 13:24 WIB
Wapres Maruf Amin. (Foto: Antara)
Wapres Maruf Amin. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah telah menyiapkan langkah-langkah strategis untuk menghadapi potensi kekeringan di sejumlah daerah tahun ini.

Hal tersebut dikatakan Wapres Ma'ruf Amin di Pangkalan Udara TNI Angkatan Udara Syamsudin Noor Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Jumat (27/1).

Baca juga : Pengamat: Perppu Ciptaker Bawa Indonesia Siap Hadapi Tantangan Global

"Ada langkah-langkah strategis, misalnya patroli kebakaran, adanya berbagai langkah-langkah yang dilakukan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) berkoordinasi dengan TNI/Polri, dan juga kesiapan pemerintah daerah," katanya dikutip dari Antara.

Selain dari sisi teknis, langkah substantif dan koordinatif juga telah dilakukan Pemerintah melalui rapat koordinasi tingkat menteri yang dipimpin Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD dengan diikuti jajaran KLHK guna mengantisipasi berbagai hal yang mungkin terjadi. Dalam rapat tersebut, salah satunya mematangkan upaya-upaya mitigasi maupun antisipasi yang disempurnakan dari pengalaman terdahulu.

Baca juga : El Real Korbankan Camavinga

"Pengalaman selama ini akan kami tingkatkan. Berdasarkan prediksi, sudah disiapkan mitigasi dan antisipasi," ujarnya.

Sementara, Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor mengatakan, kesiapan daerahnya dalam menghadapi potensi kekeringan dan kebakaran hutan yang mungkin terjadi. Seluruh antisipasi tersebut telah disiapkan secara matang sebelum musim kemarau berlangsung.

Baca juga : Imigrasi Kelas I Non TPI Jakpus Adaptif Hadapi Perkembangan Internasional

"Untuk Kalimantan Selatan, kami selalu berupaya sebelum memasuki awal kemarau, maka kami akan melakukan persiapan di saat musim hujan. Begitu juga sebaliknya, di saat musim hujan yang sering terjadi banjir, kami selalu buat persiapan di saat musim kemarau,” ujarnya. 

“Jadi, di saat kemarau, kami sudah aplikasi untuk menghadapinya. Dalam kondisi hal ini, kami bersihkan sungai, kami dalami sungai, karena hujan kan pengaruhnya dengan banjir, sungai dangkal sangat berpengaruh sekali," tambah Sahbirin.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.