Dark/Light Mode

Komposisi Kabinet Yahud Sudah Rampung, Jokowi Muliakan JK

Kamis, 15 Agustus 2019 11:37 WIB
Presiden Jokowi (kiri) dan Jusuf Kalla. (Foto: Istimewa).
Presiden Jokowi (kiri) dan Jusuf Kalla. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi memastikan komposisi Kabinet Kerja jilid II sudah rampung. Meski belum mau menyebut nama-nama menterinya, satu yang pasti, Jokowi tetap akan memuliakan Wapres Jusuf Kalla.

Sejak Jokowi ditetapkan KPU sebagai presiden terpilih, akhir Juni lalu, isu bagaimana komposisi Kabinet Kerja jilid II dan siapa saja menteri yang akan dipilih Jokowi, terus jadi perbincangan hangat, baik di dunia nyata maupun di dunia maya.

Rakyat penasaran, bertanya-tanya, juga menebak-nebak. Jokowi punya banyak cara menjawab rasa penasaran rakyat soal itu. Sedikit demi sedikit, Jokowi kasih clue-clue soal kabinet dan siapa calon menterinya.

Nah, kemarin siang, kepada para pemimpin redaksi media massa yang diundangnya, ke Istana Negara, Jokowi berani buka-bukaan lebih banyak dan dalam soal kisi-kisi kabinet dan calon menteri-menterinya itu.

Baca juga : Disopirin Mahathir, Jokowi Sempet Jantungan

Jokowi bicara kementerian baru juga penggabungan kementerian lama. Jokowi kasih bocoran menteri baru dan menteri lama yang akan dipilihnya. Ada sejumlah nama yang disebutkan secara jelas dan terang dalam pertemuan itu, namun Jokowi meminta off the record.

“Terkait nama-nama, jangan ya,” pinta Jokowi. “Lainnya, silakan,” lanjutnya.

Dari sisi komposisi kabinet, Jokowi tak akan melakukan perombakan drastis. Jumlahnya tak jauh dari yang ada sekarang, 34 menteri. Bedanya, ada kementerian-kementerian baru dan penggabungan kewenangan di kementerian lama.

Misalnya, Jokowi menyebut kementerian investasi, se- mentara urusan ekspor yang disebut- sebut akan jadi kementerian tersendiri, akan digabung ke Kementerian Luar Negeri. Lainnya, seperti Kominfo akan difokuskan ke soal digitalisasi.

Baca juga : Dosenku Sayang, Dosenku Malang

“Komposisinya sudah rampung, pokoknya sudah rampung, profesional 54 persen, parpol 45 persen,” tegas Jokowi sampai mengulang kata “rampung” dua kali. Sampai di sini, Jokowi memilih break.

Padahal, para pemimpin redaksi begitu serius dan tak sabar ingin mengeluarkan segala pertanyaan yang ada di kepalanya. “Ayo makan dulu,” kata Jokowi yang mengenakan stelan kebesarannya, kemeja putih celana hitam, sambil beranjak dari kursinya.

“Siang-siang begini kita makan yang seger-seger ya, jangan nasi terus,” kata Jokowi terkekeh, sambil tangannya menyeruput mie godok yang penuh dengan bawang goreng dan seledri. Selain mie godok, ada siomay juga sate ayam dan lontong.

Semua menu itu dilahap Jokowi. Meski porsinya sedikit-sedikit. “Yang nambah tiga kali, saya tegur ya,” begitu Jokowi bikin suasana cair. Selesai makan, Jokowi melanjutkan ceritanya soal menteri-menteri yang akan dipilihnya nanti.

Baca juga : Beresin Kebakaran Hutan, Jokowi Main Keras

Dari menteri lama, Jokowi bangga dengan seorang menteri yang benar-benar detail terhadap suatu masalah. “Ini mungkin Menko Perekonomian,” ujarnya, sambil tersenyum.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.