Dark/Light Mode

Diingatkan Jokowi

Pentingnya Jaga Kesatuan ASEAN

Sabtu, 4 Februari 2023 07:50 WIB
Presiden Jokowi menerima kunjungan kehormatan para Menlu ASEAN dan Sekjen ASEAN, Kao Kim Hourn, di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (03/02/2023). (Foto: BPMI Setpres)
Presiden Jokowi menerima kunjungan kehormatan para Menlu ASEAN dan Sekjen ASEAN, Kao Kim Hourn, di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (03/02/2023). (Foto: BPMI Setpres)

 Sebelumnya 
Eks Wali Kota Solo ini ber­harap, pada 2045 ASEAN lebih adaptif, responsif dan berdaya saing.

Usai sambutan dan berfoto, Jokwoi dan para Menteri Luar Negeri ASEAN serta Sekretaris Jenderal ASEAN melakukan pertemuan tertutup, yang di­gelar di Ruang Oval, Istana Merdeka.

Retno Marsudi membeber­kan topik dalam pertemuan tersebut. Menurutnya, Presiden Jokowi menekankan dua hal penting kepada para menteri dan sekjen yang hadir. Yang pertama, ASEAN tidak boleh menjadi proxy siapa pun.

Jokowi, kata Retno menekankan agar sentralisasi dan kesatuan ASEAN yang perlu terus dijaga, karena ini adalah modal utama ASEAN.

Baca juga : Muzani: Prabowo Kesampingkan Ego Demi Jaga Persatuan Bangsa

“Bapak Presiden menekankan pentingnya penghormatan ter­hadap prinsip-prinsip demokrasi hukum internasional, hak asasi manusia, sesuai dengan apa yang ada di dalam Piagam ASEAN,” jelas Retno.

Selain itu, Jokowi menekankan Five-Point Consensus akan tetap menjadi mekanisme utama ASEAN dalam meng-address isu atau perkembangan di Myanmar.

Kemudian, ASEAN juga harus menjadi epicentrum of growth di tengah gelapnya proyeksi ekonomi dunia saat ini. “Kita mampu menjaga stabilitas perda­maian di kawasan,” ungkapnya.

Retno juga mengatakan, dalam pertemuan tadi, para Menteri Luar Negeri ASEAN sangat mengapresiasi sejumlah arahan yang disampaikan Presiden Jokowi.

Baca juga : Harga Sembako Naik, Jokowi Ajak Pemda Kendalikan Inflasi

Beberapa Menteri Luar Negeri ASEAN sempat menyampai­kan beberapa hal. Termasuk, Laos, yang akan menjadi Ketua ASEAN setelah Indonesia.

Dia menyebut, rangkaian pertemuan para Menteri Luar Negeri ASEAN ini merupakan pertemuan besar pertama yang dilakukan di bawah keketuaan Indonesia.

Sekretaris Jenderal ASEAN, Kao Kim Hourn, memandang Presiden Jokowi sebagai sosok yang memberikan banyak per­hatian untuk ASEAN.

Dia meyakini, Indonesia akan sukses dalam memegang keketuaan ASEAN sebagaimana sukses memegang keketuaan G20 tahun lalu.

Baca juga : Tingkatkan Vokasi Pekerja, KSPSI Kirim Delegasi Ke Jepang

“Presiden Jokowi telah mampu memimpin G20 se­cara sukses. Tentu saja tahun ini peran kepemimpinan lain bagi Indonesia untuk memimpin ASEAN. Kami percaya Indone­sia akan sukses juga di ASEAN,” tandasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.