Dark/Light Mode

Lewat Pendidikan, KPK Dorong Peran Perguruan Tinggi Agar Korupsi Tak Berulang

Senin, 6 Februari 2023 21:51 WIB
Foto: Humas KPK.
Foto: Humas KPK.

 Sebelumnya 
Lebih lanjut, upaya pemberantasan korupsi ini bukan hanya untuk pemangku kepentingan, karena dampak besarnya akan dirasakan langsung oleh masyarakat.

Oleh karena itu, diperlukan upaya bersama dalam menindak tegas pidana korupsi melalui kolaborasi aparat penegak hukum, penyelenggara negara hingga masyarakat. Suatu upaya dapat dinyatakan efektif melalui pengukuran indikator-indikator tertentu.

Baca juga : Perkuat Penegakan Hukum, KPK Lantik 21 Penyidik dan Penyelidik Baru

Salah satu mahasiswa Magister Hukum Universitas Semarang dengan antusias memberikan pertanyaannya tentang upaya KPK dalam mendukung pemberantasan korupsi di perguruan tinggi.

"Bagaimana pengukuran efektivitas peran perguruan tinggi dalam upaya pemberantasan korupsi?" tanya Hendri, salah satu mahasiswa.

Baca juga : Frisian Flag Dorong Peningkatan Literasi Gizi Seimbang

Erlangga menyampaikan, saat ini KPK sedang menyusun Survei Integritas Pendidikan. Survei Integritas Pendidikan adalah survei yang dilakukan sebagai upaya untuk memetakan kondisi integritas pendidikan, baik pada lingkup peserta didik maupun ekosistem pendidikan yang mempengaruhinya.

Seperti, tenaga pendidik, pimpinan, dan sistem pengelolaan. Hasil survei tersebut diharapkan dapat menjadi dasar pertimbangan dalam penyusunan rekomendasi peningkatan dan pengembangan upaya implementasi pendidikan karakter dan budaya antikorupsi yang lebih tepat sasaran pada sektor pendidikan. â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.