Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

AP II-PPMDC Saudi Teken MoU Kembangkan Fasilitas Bagi Jemaah Umrah & Haji

Rabu, 15 Februari 2023 14:24 WIB
Presdir AP II Muhammad Awaluddin (kedua kanan) dan CEO PPMDC Eng. Adnan MT. Alsaggaf (kedua kiri) disaksikan Menhub Budi Karya Sumadi (kiri) menandatangani MoU tentang Rencana Pengembangan dan Pengoperasian Fasilitas Umrah dan Haji pada Bandara yang Dikelola AP II, Selasa (14/2). (Foto: Dok. AP II)
Presdir AP II Muhammad Awaluddin (kedua kanan) dan CEO PPMDC Eng. Adnan MT. Alsaggaf (kedua kiri) disaksikan Menhub Budi Karya Sumadi (kiri) menandatangani MoU tentang Rencana Pengembangan dan Pengoperasian Fasilitas Umrah dan Haji pada Bandara yang Dikelola AP II, Selasa (14/2). (Foto: Dok. AP II)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Angkasa Pura II (AP II) dan Port Projects Management & Development LLC (PPMDC) Arab Saudi berkolaborasi guna meningkatkan layanan kebandarudaraan bagi jemaah umrah dan haji di Indonesia. AP II adalah operator 20 bandara di Indonesia, dan PPMDC merupakan operator Kompleks Terminal Haji di Bandara Jeddah, Arab Saudi.

President Director AP II Muhammad Awaluddin dan CEO PPMDC Eng. Adnan MT. Alsaggaf menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) tentang Rencana Pengembangan dan Pengoperasian Fasilitas Umrah dan Haji pada Bandara yang Dikelola AP II, Selasa (14/2). Penandatangan MoU tersebut juga disaksikan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

Menhub mengatakan, penerbangan umrah dan haji merupakan salah satu yang terpenting di Indonesia. Dia mengapreasiasi kolaborasi antara AP II dan PPMDC. Di dalam kesempatan itu, Menhub bersama dengan AP II dan PPMDC juga berdiskusi mengenai layanan penerbangan umrah di Bandara Kertajati.

Baca juga : AP II Siap Layani Penerbangan Umroh 1 Juta Jemaah Tahun Ini

"(Penerbangan) umrah dan haji merupakan salah satu penerbangan yang penting bagi masyarakat Indonesia. Semoga semua usaha kami untuk mempermudah akses penerbangan haji dan umrah melalui Bandara Kertajati berjalan lancar," jelas Menhub, dalam keterangan yang diterima RM.id, Rabu (15/2).

President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, AP II dan PPMDC memahami bahwa penyelenggaraan haji dan umrah membutuhkan perhatian dan keahlian khusus. PPMDC sebagai pengelola Kompleks Terminal Haji seluas 90.000 meter persegi di Bandara Jeddah memiliki pengetahuan dan pengalaman luas tentang kebutuhan dan persyaratan dalam pelayanan bagi jemaah haji dan umrah.

“Melalui dukungan dari berbagai pihak, termasuk PPMDC, maka bandara AP II dapat membawa pelayanan ke level yang lebih tinggi lagi bagi jemaah umrah dan haji di Indonesia,” ujar Muhammad Awaluddin. 

Baca juga : Arab Saudi Terbitkan Visa Transit, Bisa Buat Umroh Tapi Tak Bisa Untuk Naik Haji

AP II dan PPMDC akan berkoordinasi dengan stakeholder, termasuk maskapai di Indonesia dan Arab Saudi, dalam meningkatkan layanan bagi jemaah. PPMDC juga akan membuat studi kelayakan (feasibility study) terkait pengembangan dan pengoperasian fasilitas umrah dan haji di bandara-bandara AP II.

“AP II akan mendapat masukan dalam meningkatkan pelayanan bagi jemaah umrah dan haji di bandara-bandara yang kami kelola, seperti Bandara Soekarno-Hatta (Banten), Bandara Kualanamu (Sumatera Utara) dan Bandara Kertajati (Jawa Barat),” ujar Muhammad Awaluddin. 

Pada tahun ini, AP II memproyeksikan pergerakan jemaah umrah di bandara-bandara yang dikelola perseroan dapat mencapai hingga 1 juta penumpang atau meningkat hampir dua kali lipat dibandingkan dengan tahun lalu. Salah satu fasilitas guna mendukung layanan bagi jemaah umrah adalah lounge khusus umrah di Bandara Soekarno-Hatta.

Baca juga : Ganjar Targetkan Pembangunan Masjid Agung Jawa Tengah Rampung Akhir Tahun 2023

Adapun Bandara Kualanamu, saat ini juga sudah menjadi bandara hub untuk penerbangan umrah di Sumatera. Jemaah asal Jawa Barat juga dapat lebih nyaman dan lebih dekat berangkat ke Tanah Suci melalui Bandara Kertajati.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.