Dark/Light Mode

Bungkam Setan Merah

The Gunners Sukses Lampiaskan Dendam

Selasa, 24 Januari 2023 07:00 WIB
Eddie Nketiah. (AP Photo).
Eddie Nketiah. (AP Photo).

RM.id  Rakyat Merdeka - Arsenal berhasil memperkokoh posisinya di puncak klasemen Liga Primer Inggris, setelah menang dramatis 3-2 atas Manchester United (MU) di Emirates Stadium, London, dini hari kemarin. Kemenangan ini sekaligus ajang balas dendam The Gunners di pertemuan pertama.

Kini, tim asuhan Mikel Arteta ini menduduki posisi puncak klasemen dengan torehan 50 poin atau unggul lima poin dari pesaing terdekat Manchester City dan masih memiliki kelebi­han satu pertandingan.

“(Kemenangan) ini memberi kami keyakinan bahwa kami be­rada di arah yang benar. Cara kami bermain terbayar dengan hasilnya, karena memang seharusnya de­mikian,” ungkap Arteta.

Selain membalaskan kekala­han di Old Trafford pada pertemuan pertama September lalu, Arsenal juga menghentikan tren apik Setan Merah – julukan MU, yang dalam delapan laga tak terkalahkan.

Baca juga : Kinerja Kades Buruk, Langsung Dipecat Aja

Tanpa Gabriel Jesus yang masih menepi karena cedera, Eddie Nketiah tampil bersinar dengan gua golnya, termasuk gol penentu di penghujung laga.

“Kami tidak pernah panik, selalu percaya bahwa bisa me­menanginya. Kami menunjuk­kan ketenangan di dalam kotak penalti,” imbuhnya.

Duel sengit balas membalas gol terjadi. Skuad Setan Merah yang berbahaya dalam serangan balik menyengat lebih dulu lewat gol cemerlang Marcus Rashford dari jarak jauh ketika laga baru berjalan 17 menit. Hanya saja, tak butuh waktu lama Arsenal beraksi dengan gol penyeimbang Nketiah.

Kubu Meriam London bahkan berbalik unggul melalui sepakan keras Bukayo Saka di awal babak kedua. Lisandro Martinez lalu me­nyamakan kedudukan lewat sun­dulannya enam menit berselang. Terus menekan demi memburu kemenangan, Arsenal akhirnya mengunci kemenangan lewat gol kedua Nketiah di menit ke-90.

Baca juga : Hajar Setan Merah, Arsenal Susah Goyah Di Puncak Liga Inggris

“Yang dilakukan Eddie luar biasa. Kami tidak dapat men­gatakan bahwa kami melihat­nya. Kami berharap dia bisa melakukan itu karena caranya, mentalitasnya, kualitasnya dan bagaimana kualitas itu cocok di dalam tim,” ucap Arteta.

Pelatih MU Erik ten Hag kecewa skuadnya kembali me­nelan kekalahan akibat gol di ujung laga.

‘’Saya rasa dua pertandingan terakhir (melawan Arsenal dan Crystal Palace), sangat dekat. Sulit menerima pada akhir per­mainan Anda kalah dan ini tidak boleh terjadi,” ucap Ten Hag.

“Kami harus menghadapinya, kami harus belajar, dan akan membuat kesalahan, karena menurut saya ketiga gol itu da­pat dihindari. Biasanya, kami lebih baik dalam situasi itu,” imbuhnya.

Baca juga : Erick Thohir Dinilai Sukses Implementasikan Gagasan Besar Bung Karno

Meski begitu, Ten Hag tetap memandang positif kekalahan tersebut sebagai pembelajaran skuadnya supaya lebih disiplin dalam bertahan hingga peluit akhir dibunyikan.

MU sementara ini berada di urutan keempat dengan 39 poin defisit 11 angka dari Arsenal di puncak. Ten Hag enggan berandai-andai timnya mengejar gelar juara. Menurutnya, masih banyak detail yang harus diting­katkan oleh anak asuhnya untuk berada di papan atas.

‘’Kami tidak pernah membi­carakan (gelar). Itu dari orang-orang di sekitar kami dan para penggemar. Kami hanya ingin memenangi setiap pertandin­gan,” ujarnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.