Dark/Light Mode

Upayakan Pemahaman Moderat Pada Eks Napiter, Deradikalisasi BNPT Tidak Boleh Berhenti

Jumat, 17 Februari 2023 13:57 WIB
Foto: Humas BNPT.
Foto: Humas BNPT.

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) terus melaksanakan deradikalisasi terhadap narapidana atau mantan narapidana terorisme (eks napiter) yang dilakukan secara berkesinambungan baik di dalam lapas maupun di luar lapas.

Deradikalisasi di luar lapas (masyarakat) khususnya, terus diupayakan secara maksimal dan penuh komitmen agar para mitra deradikalisasi ini dapat memanfaatkan program-program yang ada.

"Kita punya sinergisitas, membentuk Kawasan Terpadu Nusantara, Warung NKRI, dan lainnya. Kita bekerja sama dengan Pemda, Perhutani, Pelaku Usaha, BUMN dan K/L lainnya intinya adalah bagaimana kita bisa memberdayakan dan mendampingi para mitra derad ini," ungkap Deputi Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi BNPT Mayjen TNI Nissan Setiadi.

Baca juga : Ingin Masyarakat Ikut Memantau, Ganjar Minta Sosialisasi Prolegnas Lebih Gencar

Hal itu disampaikannya saat bersilaturahmi dengan mitra deradikalisasi di Yogyakarta, seperti keterangan yang diterima RM.id, Jumat (17/2).

Jenderal bintang dua TNI AD ini menjelaskan, deradikalisasi yang dilakukan BNPT memang belum sempurna. Namun, deradikalisasi tidak dapat berhenti lantaran mengubah pemikiran seseorang menjadi moderat bukanlah perihal sederhana.

BNPT akan terus melakukan upaya maksimal dalam memberikan pemahaman moderat dengan tujuan mengurangi pemahaman ekstrem yang ada.

Baca juga : Konektivitas Nasional, IKN yang Smart Metropolis dan E-Government

"Deradikalisasi adalah upaya untuk mengembalikan mereka yang terpapar paham radikal sehingga menjadi moderat. Ini tentu kewajiban kita," tutur Brigjen R. Akhmad Nurwahid.

Menurutnya, para mitra deradikalisasi mengalami misinterpretasi atau salah memahami terhadap nash-nash maupun undang-undang yang ada dan berlaku di Indonesia.

Lebih lanjut pria yang baru saja satu bulan dilantik menjadi Direktur Deradikalisasi BNPT ini menjelaskan, bila para mitra deradikalisasi dirangkul dan diberdayagunakan serta diperlakukan dengan baik, maka militansi, semangat dan ghirah nasionalismenya pasti tidak akan kalah dengan masyarakat pada umumnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.