Dark/Light Mode

Menkes Ingatkan Para Ayah Soal Stunting

Daripada Beli Rokok, Mending Beli Telur...

Kamis, 23 Februari 2023 07:50 WIB
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin bersama Plt Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (kanan) saat meninjau Posyandu Cempaka III, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Rabu (22/2/2023). (Foto: Antara)
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin bersama Plt Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (kanan) saat meninjau Posyandu Cempaka III, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Rabu (22/2/2023). (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Budi juga mengingatkan, dalam pencegahan stunting setiap bayi harus terus dipantau pertumbuhannya. Jangan hanya ditimbang per enam bulan, tapi sebulan sekali.

“Kalau berat badan bayi nggak naik, nah ini udah termasuk ciri-ciri stunting. Cukup kasih telur sehari satu untuk menaikkan berat badannya,” ucap Budi di hadapan warga yang serius menyimak.

Mantan Direktur Utama PT Inalum (Persero) ini meminta masyarakat tidak menyepelekan pertumbuhan anak.

Baca juga : HNW Ingatkan Parpol Beri Pendidikan Politik Generasi Milenial

Kasus stunting atau tengkes diibaratkannya sebagai kanker stadium empat. Jika sudah parah, sulit disembuhkan. “Jadi, kita harus kejar di stadium satu, sta­dium dua,” tegasnya.

Budi menyampaikan apresiasinya terhadap komitmen Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang konsisten dalam upaya menurunkan kasus stunting pada anak.

Di Ibu Kota, angka stunting bisa ditekan hingga di bawah 10 persen. Angka ini melebihi target Presiden Jokowi yang mematok target 24 persen pada 2024.

Baca juga : KPK Minta Menkes Laporkan Dugaan Praktik Jual Beli Rekomendasi Dokter

Dalam kunjungan itu, Heru Budi Hartono menemukan tiga kasus anak stunting, dari 15 anak, saat meninjau pemeriksaan kesehatan bulanan di Posyandu tersebut. “Kita harus cepat bergerak,” imbau Heru.

Dia pun mengimbau orang tuaagar disiplin memperhatikan pertumbuhan anak. Mereka ha­rus terus mengontrol tinggi dan berat badan anak setiap bulan­nya. Baik di Posyandu maupun Puskesmas.

Heru menegaskan, Kemenkes dan Pemprov DKI Jakarta dapat langsung melakukan intervensi memberikan gizi tambahan, seperti asupan protein, jika menemukan anak yang masuk dalam kategori stunting. â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.