Dark/Light Mode

Sukses Selenggarakan F1 Powerboat, Menparekraf Happy Antusiasme Wisatawan Tinggi

Minggu, 26 Februari 2023 23:25 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno bersama Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan, Vinsensius Jemadu (kiri) dan Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kemenkominfo Septriana Tangkary (kanan), pada konferensi pers usai pertandingan F1 Powerboat Lake Toba 2023, Minggu (26/2). (Foto: Media Center Kominfo)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno bersama Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan, Vinsensius Jemadu (kiri) dan Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kemenkominfo Septriana Tangkary (kanan), pada konferensi pers usai pertandingan F1 Powerboat Lake Toba 2023, Minggu (26/2). (Foto: Media Center Kominfo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno bangga melihat antusiasme masyarakat untuk menyaksikan F1 Powerboat di Danau Toba, Sumatera Utara, yang terselenggara dengan baik.

Hal itu ia ungkapan pada Konferensi Pers di Media Center Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu, Balige, Minggu (26/2) sore.

Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Septriana Tangkary menjadi moderator.

Dijelaskan Sandi, penyelenggaraan F1 Powerboat Lake Toba mengusung target 25 ribu wisatawan. Berdasarkan catatannya, wisatawan yang hadir lebih dari 25 ribu orang.

Baca juga : F1Powerboat Sukses, Kemenparekraf Mau Perbanyak Event Internasional Di Danau Toba

Bersama InJourney, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menghitung kisaran total dampak ekonomi dari penyelenggaraan F1 Powerboat Lake Toba 2023, tembus Rp 300 miliar.

"Kami akan sampaikan dengan detail setelah mendapat angka-angka terakhir," kata Sandi.

Ia menjelaskan, dibutuhkan analisis dan monitoring lebih lanjut untuk mengetahui angka pasti dari besaran dampak yang didapatkan Kawasan Toba dan sekitarnya. Namun, secara kualitatif, Sandi menerima banyak pujian dari berbagai pihak.

"Terima kasih atas kepercayaannya kepada Indonesia, terutama kepada Danau Toba dan Balige. Karena ini adalah yang pertama kali diselenggarakan. Jadi ini adalah sebuah sejarah," ucap politisi Partai Gerindra ini.

Baca juga : Menpora: F1 Powerboat Dorong Munculnya Atlet Dan Federasi Nasional

Terselenggaranya perhelatan event internasional di Kabupaten Toba tersebut, merupakan langkah kolaborasi dan menjadi momentum kebangkitan pariwisata Indonesia.

Juga, menandai kesiapan Danau Toba sebagai salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP).

"Kalau ada yang masih menyangsikan bahwa Danau Toba tidak bisa menjadi host event berkelas dunia, ini sudah bisa kita patahkan. Ini adalah komitmen kita untuk mengelola pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan," tegas Sandi.

Demi kemajuan pariwisata yang ada di Kawasan Toba, ia menyampaikan soal peningkatan jumlah akomodasi yang menampung para wisatawan.

Baca juga : Dukung Ajang F1 Powerboat World 2023, Kopiko Menggebrak Dunia

Dengan begitu, para pelancong, baik domestik maupun mancanegara bisa terasa nyaman datang ke Toba.

"Yang paling utama adalah kita harus menyediakan akomodasi lebih banyak, harus bangun hotel, homestay, penginapan, dan sebagainya. Karena tahun depan akan lebih banyak wisatawan yang berkunjung dan terpukau dengan Danau Toba," pungkasnya. â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.