Dark/Light Mode

Pertamina Harus Fokus Selamatkan Warga

Erick Segera Tinjau Lokasi Kebakaran Depo Plumpang

Sabtu, 4 Maret 2023 06:17 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Antara)
Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri BUMN Erick Thohir akan meninjau langsung lokasi TBBM Pertamina yang terbakar di Plumpang, Koja, Jakarta Utara, Jumat (3/3) malam.

Erick yang tengah berada di Jawa Timur, memutuskan segera kembali ke Jakarta. Demi memantau proses penanganan di lokasi.

Sejauh ini, Erick telah mendapatkan informasi dari Pertamina, bahwa yang terbakar adalah pipa yang menyalurkan Pertamax dari Kilang Balongan ke Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Plumpang. Tidak ada tangki BBM yang terbakar.

Baca juga : Erick Minta Pertamina Gercep Selamatkan Warga, Terbakarnya Pipa BBM Plumpang Harus Diusut

"Laporan Pertamina, api di lokasi sudah mulai padam pada pukul 22.43 WIB," ucap Erick, yang sedang berada di Jawa Timur dan segera memutuskan kembali ke Jakarta, setelah mendengar musibah itu.

Dia memastikan, insiden ini tidak berdampak pada suplai BBM lantaran terdapat dukungan dari TBBM Tanjung Gerem, TBBM Cikampek, dan TBBM Ujung Berung.

Menurut informasi persediaan BBM di sejumlah depo, Pertamina masih cukup memasok kebutuhan masyarakat.

Baca juga : Relawan Ganjar Jabar Gelar Sunatan Massal Dan Penyuluhan Gratis

“Di Cikampek, ada stok Pertalite 20399 KL yang cukup 10 hari dan Pertamax 6137 KL atau cukup 11 hari. Sementara di TBBM Ujung Berung, terdapat Pertalite 24250 KL (11,5 hari) dan Pertamax 22,004 KL (29,2 hari),” jelas Erick.

Dukungan persediaan BBM juga ada di Terminal Transit Utama (TTU) Balongan yang memiliki stok Pertalite 80,014 KL (CD 57 hari) dan Pertamax 50,626 KL (170 hari). Tambahan pasokan dari Kilang Balongan dan Kilang Cilacap  dapat dilakukan melalui laut ke TBBM Tanjung Priok.

Dalam kesempatan ini, Erick juga menyampaikan duka cita mendalam kepada keluarga korban yang meninggal dan warga yang luka-luka.

Baca juga : Orang Muda Ganjar Sumsel Adakan Training Public Speaking Di Kabupaten Pali

Dia memerintahkan Pertamina, untuk segera mengusut tuntas kasus ini.

"Kita fokus dan memastikan aksi cepat tanggap untuk selamatkan masyarakat. Selanjutny, harus ada evaluasi operasional. Saya akan turut mengawal kasus ini," tegas Erick. â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.