Dark/Light Mode

Kemenhub Terus Perkuat Penjagaan Laut dan Pantai di 5 Titik Nasional

Rabu, 21 Agustus 2019 14:31 WIB
Direktur Penjagaan Laut dan Pantai, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan, Ahmad saat membuka acara Penyusunan Naskah Akademik Usulan Revisi KM No. 65 Tahun 2002 di Swiss Belhotel Airport, Tangerang, Rabu (21/8). (Foto: Humas Kemenhub)
Direktur Penjagaan Laut dan Pantai, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan, Ahmad saat membuka acara Penyusunan Naskah Akademik Usulan Revisi KM No. 65 Tahun 2002 di Swiss Belhotel Airport, Tangerang, Rabu (21/8). (Foto: Humas Kemenhub)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) menyusun penguatan Kelembagaan Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (Sea and Coast Guard Base) di lima lokasi yang tersebar di penjuru.

Usulan penguatan kelembagaan Sea and Coast Guard Base tersebut dituangkan dalam naskah akademik usulan revisi KM Nomor 65 tahun 2002 tentang Organisasi dan Tata Kerja Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai.

Baca juga : Kementan Gerakkan Percepatan Tanam Pajale di 33 Provinsi

"Memasuki tahun kesebelas dan proses panjang terkait usulan pembentukan kelembagaan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) melalui rencana Peraturan Pemerintah tentang PLP, yang diamanatkan dalam Undang-Undang No. 17 tahun 2008 tentang Pelayaran, tentunya memerlukan dukungan semua pihak agar proses ini berjalan lancar dan selesai sesuai rencana," kata Direktur Penjagaan Laut dan Pantai, Ahmad saat membuka acara Penyusunan Naskah Akademik Usulan Revisi KM No. 65 Tahun 2002 di Swiss Belhotel Airport, Tangerang, Rabu (21/8).

Adapun rencana Peraturan Pemerintah tentang Organisasi dan Tata Kerja PLP telah melalui pembahasan demi pembahasan. Baik bersifat internal kementerian, ataupun antar kementerian.

Baca juga : Kementan Gerakkan Pola Kemitraan Penangkar dan Produsen Benih

Kegiatan penyusunan naskah akademik usulan revisi KM 65 Tahun 2002 dihadiri dari beberapa nara sumber dan pembahas, plus lima Kepala Pangkalan PLP se-Indonesia. Antara lain Pangkalan PLP Tanjung Priok, Pangkalan Surabaya, Pangkalan Tanjung Uban, Pangkalan Bitung dan Pangkalan Tual.

"Kami berharap, semua peserta yang hadir dapat memberi saran dan masukan untuk kemajuan organisasi di Ditjen Hubla, serta penyusunan naskah akademik usulan revisi KM. 65 tahun 2002 tentang organisasi dan tata kerja Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai," tutup Ahmad. [KPJ]

Baca juga : Senator Papua Barat: Pemerintah Harus Sikapi Penghinaan Mahasiswa Papua di Jatim

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.