Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bahlil Bakal Kawal Proyek Lotte Chemical Di Cilegon Sampai Rampung

Senin, 13 Maret 2023 09:54 WIB
Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadia meninjau proyek PT Lotte Chemical Indonesia (LCI). (Foto: Ist)
Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadia meninjau proyek PT Lotte Chemical Indonesia (LCI). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia, siap mengawal proyek investasi PT Lotte Chemical Indonesia (LCI) di Cilegon, Banten, hingga rampung pada 2025 sebagai salah satu investasi untuk mendukung substitusi impor.

Bahlil akan membentuk tim dengan melibatkan satuan tugas dari Jaksa Agung dan Wakapolri untuk menyelesaikan beberapa isu yang dialami oleh LCI. Seperti kompensasi dukungan sosial masyarakat, penerbitan persetujuan bangunan gedung (PBG) serta perlindungan keamanan.

“Pembangunan investasi LCI ini sejalan dengan amanat Bapak Presiden Jokowi untuk mengurangi ketergantungan kita selama ini pada produk impor petrokimia supaya mendorong laju perekonomian Indonesia. Saat pabrik LCI beroperasi nanti, kami harap hasil produksinya akan berperan secara signifikan sebagai substitusi impor yang akan menghemat devisa negara,” katanya dikutip dari Antara, Senin (13/3).

Baca juga : Berkat Lapak Ganjar, Kue Kacang Salatiga Diorder Sampai Hongkong

Bahlil juga berharap, investasi tersebut juga secara langsung akan memberikan multiplier effect atau dampak ganda positif terhadap berbagai industri terkait lainnya, termasuk pada perekonomian daerah dan penyerapan tenaga kerja di wilayah Provinsi Banten, khususnya Kota Cilegon.

“Investasi ini kurang lebih bernilai Rp 60 triliun. Penciptaan lapangan kerja menjelang akhir 2023 akan mencapai 15.000 di mana 95 persen adalah tenaga kerja lokal Indonesia. Produk yang dihasilkan merupakan produk petrokimia, 50 persen akan digunakan untuk kebutuhan dalam negeri dan sisanya akan diekspor,” ungkapnya.

Minggu lalu, Bahlil meninjau LCI. Dalam peninjauan bersama Pj. Gubernur Provinsi Banten Al Muktabar, Wali Kota Cilegon Helldy Agustian, serta Direktur Tindak Pidana Tertentu (Dirtipidter) Bareskrim Polri Brigjen Pipit Rismanto, Bahlil juga meminta jajaran Bareskrim Polri untuk membuat tim khusus dalam mengawal proyek investasi Lotte ini.

Baca juga : Beroperasi Lagi, Kereta Panoramic Diburu Penumpang

Sebagai Ketua Satgas Percepatan Investasi, Bahlil menekankan Satgas harus mengawal keamanan baik secara hukum maupun gangguan nyata dari sekitar. Ia juga mengingatkan dalam investasi ini, perusahaan harus memprioritaskan kolaborasi dengan pengusaha daerah yang memenuhi syarat serta tenaga kerja untuk bisa dilatih agar dapat merasakan manfaat dari investasi ini.

Pada kesempatan yang sama, Presiden Direktur LCI, Yim Dong Hee mengatakan, pelaksanaan konstruksi pembangunan pabrik petrokimia terintegrasi LCI telah dimulai sejak awal tahun 2022, di mana sampai dengan saat ini pencapaian konstruksi masih berjalan sesuai dengan tahapan yang direncanakan.

“Kemajuan dan pencapaian proyek LCI sampai dengan saat ini tidak lepas dari perhatian dan dukungan dari pemerintah pusat dan daerah maupun institusi pemerintahan lainnya di wilayah Kota Cilegon. Proyek ini kami harap dapat selesai sesuai target pada akhir tahun 2025,” ucap Yim.

Baca juga : Peduli Masyarakat, Relawan Puan Salurkan Ratusan Sembako Di Subang

Sampai Januari 2023, realisasi PT Lotte Chemical Indonesia mencapai 1,58 miliar dolar AS dan sampai 2045 diperkirakan akan mencapai 4 miliar dolar AS. Hingga Februari 2023, perkembangan Engineering, Procurement and Construction (EPC) mencapai 38 persen dan sudah menyerap 8.000 tenaga kerja yang akan terus meningkat, diperkirakan sampai 15.000 tenaga kerja di akhir tahun 2023.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.