Dark/Light Mode

Satu-satunya Mahasiswa Program Doktor Dengan IPK 4,00

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto Lulusan Terbaik Unhan 2023

Selasa, 14 Maret 2023 07:50 WIB
Doktor Ilmu Pertahanan Hasto Kristiyanto (kanan) saat menerima piagam penghargaan dari Rektor Universitas Pertahanan (Unhan) RI Laksamana Madya TNI Prof.  Amarulla Octavian. Hasto Kristiyanto mendapat predikat sebagai mahasiswa lulusan terbaik dari Unhan tahun ajaran 2023. (Foto: Dok. Pribadi)
Doktor Ilmu Pertahanan Hasto Kristiyanto (kanan) saat menerima piagam penghargaan dari Rektor Universitas Pertahanan (Unhan) RI Laksamana Madya TNI Prof. Amarulla Octavian. Hasto Kristiyanto mendapat predikat sebagai mahasiswa lulusan terbaik dari Unhan tahun ajaran 2023. (Foto: Dok. Pribadi)

 Sebelumnya 
Dalam amanatnya, Prof. Amarulla Octavian mengingat­kan para lulusan magister dan doktor ilmu pertahanan harus mampu memaknai diri sendiri dan memiliki nilai tambah bagi organisasi, serta bagi negara dan bangsa.

Dengan begitu, nantinya dapat menjadi modal dasar pembangunan sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta.

Terlebih, kata dia, di era glo­balisasi dewasa ini, ancaman terhadap eksistensi suatu bangsa dan negara semakin kompleks dan sulit diprediksi.

Baca juga : Kami Ingin Demokrasi Ala Indonesia

Ancaman cenderung bersifat nonmiliter dilakukan secara nonlinier tidak langsung dan bersifat proxy war.

Menurutnya, jenis ancaman perang di era sekarang memiliki spektrum yang sangat luas dan secara masif melalui berbagai aspek kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

“Berupa ancaman nonmiliter berdimensi ideologi politik eko­nomi sosial budaya teknologi ke­selamatan umum dan legislasi,” tutur Prof. Amarulla.

Baca juga : Reshuffle Sebaiknya Cepat

Dia mengatakan, kondisi ini menjadi tantangan sekaligus tu­gas bagi para calon wisudawan-wisudawati, sebagai alumni Unhan untuk mampu dan turut andil memberikan solusi kon­tribusi positif bagi keberlangsungan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

“Saya juga berpesan, jadilah kader intelektual bela negara yang mampu menjadi teladan dalam internalisasi nilai-nilai negara, dan memberikan dharma bakti terbaik bagi negara sesuai profesi dan pekerjaan masing masing,” ingatnya.

Acara ditutup dengan sesi foto bersama para mahasiswa lulusan terbaik dengan Rektor dan Civi­tas Akademika Unhan dan per prodi. Rencananya, besok akan dilakukan prosesi wisuda. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.