Dark/Light Mode

Tanam Investasi, Menteri Pertanahan Korsel Tinjau Lokasi IKN Nusantara

Selasa, 21 Maret 2023 21:43 WIB
Menteri Pertanahan, Infrastruktur dan Transportasi Korea Selatan, Won Hee-Ryong (tengah) melihat maket  lokasi pembangunan di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Sabtu (18/3).
Menteri Pertanahan, Infrastruktur dan Transportasi Korea Selatan, Won Hee-Ryong (tengah) melihat maket lokasi pembangunan di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Sabtu (18/3).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pertanahan, Infrastruktur dan Transportasi Korea Selatan, Won Hee-Ryong mengunjungi lokasi pembangunan di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Menteri Won Hee Ryong datang didampingi Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Diana Kusumastuti Sabtu (18/3). 

Dalam kunjungan tersebut, Menteri Won Hee-Ryong menyatakan, berkomitmen untuk mendukung suskesnya pembangunan IKN. 

Baca juga : Kekraf Kukar Ajak Pemuda Lokal Tak Jadi Penonton IKN Nusantara

"Dengan harapan ke depannya dapat bekerja sama dan berkolaborasi untuk membangun teknologi kota pintar (smart city) di IKN," katanya dalam keterangannya, Selasa (21/3).  

Dirjen Cipta Karya Diana Kusumastuti mengatakan, Indonesia dan Korea Selatan telah memiliki Kerja Sama akan menjadi landasan mekanisme bilateral serta dasar bagi perusahaan-perusahaan Korea Selatan untuk secara aktif berkontribusi dalam bekerja sama membangun IKN Nusantara.

“Adapun bentuk kerja sama yang dilakukan yaitu pertukaran informasi, berbagi pengalaman, pengetahuan dan teknologi, pengiriman tenaga ahli, peningkatan kapasitas, proyek percontohan, dan bentuk kerja sama teknis lainnya," kata Diana. 

Baca juga : Bank Mandiri Berhasil Deteksi Upaya Penipuan Senilai 300 Juta Euro

Pemerintah Korea Selatan melalui MOLIT memberikan program-program dukungan untuk pembangunan IKN di antaranya dukungan teknis untuk IKN termasuk pengiriman 25 pegawai muda PUPR untuk mengikuti pelatihan di Korea Selatan, pembangunan sistem penyediaan air bersih untuk IKN dengan kapasitas 350 liter per detik, feasibility study untuk proyek pendukung Immersed Tunnel di Teluk Balikpapan (Jalan Tol Akses IKN), proyek hibah pipeline dari KOICA, dan proyek Korea City Network (KCN).

Menteri Won Hee-Ryong didampingi Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan IV Harya Muldianto juga meninjau pembangunan Bendungan Sepaku Semoi. 

Selanjutnya, Kepala BBPJN Kalimantan Timur Kementerian PUPR, Junaidi juga mendampingi Menteri Won Hee-Ryong meninjau Jalan Sumbu Kebangsaan sisi Barat sepanjang 2,99 km. 

Baca juga : Wamenkumham Terus Gencarkan Sosialisasi KHUP Baru

"Untuk Jalan Sumbu Kebangsaan sisi Barat sudah dalam tahap konstruksi sejak September 2022 dan ditargetkan selesai April 2024 dengan kontraktor pelaksana PP-Markinah, KSO," ujar Junaidi. 

Selain itu Menteri Won Hee-Ryong bersama rombongan juga mengunjungi lokasi pembangunan Istana Negara, titik nol IKN dan rumah susun Hunian Pekerja Konstruksi. ■


 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.