Dark/Light Mode

Anggota Komisi I DPR Taufiq R Abdullah Ajak Masyarakat Banjarnegara Jadi Pejuang Lawan Hoax

Senin, 27 Maret 2023 19:39 WIB
Foto: Zoom.
Foto: Zoom.

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika kementrian Komunikasi dan Informatika (Ditjen Aptika Kominfo) bekerja sama dengan Komisi I DPR RI kembali mengadakan kegiatan webinar Ngobras alias Ngobrol bareng Legislator, Senin (27/3).

Webinar kali ini bertema "Menjadi Netizen Pejuang: Halau Hoax Di Ruang Digital". Webinar yang dibuka Dirjen Aptika Komimfo Semuel Abrijani Pangerapan dan diisi oleh Anggota Komisi I DPR Fraksi PKB Taufiq R Abdullah sebagai pembicara.

Narasumber lain yang dihadirkan adalah Ketua Dewan Pakar Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) Yuliandrie Darwis dan Dosen Universitas Soedirman Wisnu Widjanarko.

Baca juga : Bamsoet Ajak Masyarakat Laporkan SPT Tahunan Paling Lambat Akhir Maret

Webinar yang berlangsung sekitar 3 jam ini dihadiri 250 peserta dari Banjarnegara dengan penuh antusiasme. Saat memberikan paparan, Taufiq R Abdullah menyampaikan, masyarakat perlu berperan aktif dalam menghalau hoax semakin tersebar di media sosial dan dunia digital.

Peran aktif masyarakat tersebut dinilai sangat membantu pemerintah dalam menhalau hoax yang ada.

"Kita sering menemukan tulisan di medsos yang sangat tendensius yang dilengkapi bukti bukti tidak tepat, sehingga informasi-informasi itu sampai kepada masyarakat sebagai informasi yang salah," tegas Taufiq.

Baca juga : Lewat #BergerakNyata, Rumah Zakat Ajak Masyarakat Kejar Pahala Di Bulan Ramadhan

Pemateri lainnya Yuliandri Darwis, juga menyatakan hal yang sama. Dia mengungkapkan, secara statistik, masyarakat Indonesia 77 persen, dari populasi sekarang sudah menggunakan internet.

Oleh karena itu literasi digital perlu ditingkatkan, hal ini akan sangat berpengaruh pada upaya dan peran serta masayarakat dalam menangkal hoax.

Diingatkan Yuliandri, hoax akan berjalan sekaras dengan berkembangnya teknologi digital dan semakin marakanya masyarakat yang menggunakan perangkat digital untuk berkomunikasi.

Baca juga : Ngobrol Bareng Legislator, Anggota Komisi I Ingatkan Masyarakat Antisipasi Hoax

Namun, semua itu bisa dicegah dengan keterlibatan aktif masyarakat sebagai pengguna internet untuk menghalau berita hoax atau yang menyesatkan agak tidak semakin tersebar luas di masyarakat. ■

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.