Dark/Light Mode

Mendes PDTT: SDGs Desa Strategi Mempercepat Pencapaian SDGs Negara-negara Asia Pasifik

Jumat, 31 Maret 2023 19:26 WIB
Foto: Humas Kemendes PDTT.
Foto: Humas Kemendes PDTT.

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menyatakan, SDGs Desa bisa menyumbang optimisme.

Sebab, SDGs Desa menjadi strategi untuk mempercepat pencapaian SDGs bagi negara-negara Asia Pasifik, Hal itu dikatakan Halim Iskandar, saat menjadi panelis dalam acara 10th Asia Pacific Forum For Sustainable Development.

Hal ini diungkapkannya dalam sesi Glocalisation: Catalysing Local Implementation Of Global Goals In Asia And The Pacific. Acara diselenggarakan oleh UN-ESCAP di Bangkok, Thailand (27/3).

Baca juga : BNPP Bareng Pemda Nunukan Bahas Pencegahan Dan Penanganan Perkawinan Anak Usia Dini

Panelis lainnya hadir dari Liga Kota Filipina, Germelina Singson-Goulart, Urbanice Malaysia, Norliza Hashim dan Azmizam Abdul Rashid, Monash Sustainable Development Institute, India Dechrai, dan Institute for Global Environmental Strategies, Fernando Ortiz-Moya.

“Forum ini penting bagi Indonesia untuk berbagi perspektif tentang mempercepat implementasi lokal, juga berbagi pengalaman Indonesia dalam membumikan SDGs di tingkat desa melalui inisiatif SDGs Desa," kata Halim, seperti keterangan yang diterima RM.id, Jumat (31/3).

“Bagi Indonesia, desa memiliki dua posisi strategis”, jelas Halim Iskandar.

Baca juga : Kemitraan Strategis Kerek Kualitas Pengelolaan Bandara Kualanamu

Pertama, cakupan pemerintahan desa sangat dominan, mencakup 91 persen dari seluruh tingkatan pemerintahan terendah di Indonesia. Sisanya 9 persen berada di perkotaan.

Sebagai level terendah dalam penyelenggaraan pemerintahan, pemerintah desa langsung berinteraksi dengan warga. Begitu pula bagi warga negara, pemerintah desa adalah wakil negara yang paling dekat dengan mereka.

Halim Iskandar menjelaskan, posisi strategis desa yang kedua adalah jumlah penduduk desa yang besar dan dominan di Indonesia.

Baca juga : Negara Dan Aliran Sesat

Kementerian Dalam Negeri melaporkan, jumlah warga yang memegang KTP dan tercatat tinggal di desa mencapai 71 persen, dan di perkotaan 29 persen.

Indeks Pembangunan Desa 2021 melaporkan ada 214 juta penduduk desa, Indonesia melokalkan SDGs menjadi SDGs Desa.

Berikut 10 tujuannya:
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.