Dark/Light Mode

Anggota DPR dan Kominfo Ajak Masyarakat Kebumen Jaga Privasi Di Dunia Digital

Minggu, 2 April 2023 19:06 WIB
Foto: Zoom.
Foto: Zoom.

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika kementerian Komunikasi dan Informatika (Ditjen Aptika Kominfo) bekerja sama dengan Komisi I DPR RI kembali menggelar acara Ngobrol Bareng Legislator alias Ngobras, Minggu (2/4).

Webinar kali ini bertema "Keamanan Digital Jaga Privasi dan Data Pribadi di Dunia Maya".

Webinar yang dibuka Dirjen Aptika Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan ini diisi Anggota Komisi I DPR RI fraksi PKB H. Taufiq R Abdullah sebagai pembicara utama.

Baca juga : Sultan Najamudin: Saatnya Kewenangan Legislasi DPD Diperkuat

Hadir pula pegiat sosial media Fahmi Alfansi Pane M.si (Han) dan Ketua Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (NU) Kebumen Muchammad Solahudin.

Dalam paparannya, Taufiq R Abdullah mengingatkan, perkembangan digital yang semakin pesat di masyarakat harus diikuti dengan kesadaran menjaga kerahasiaan data pribadi mereka.

"Data pribadi dalam dunia digital perlu diperhatikan. Kebocoran data pribadi semakin marak di dunia digital, contohnya KTP, sangat mudah menemukan data berupa KTP di internet. Hal ini yang mendorong banyaknya aksi peretasan atau hacking," ungkap Taufiq, di hadapan 250 peserta webinar.

Baca juga : Resmikan KEK Lido, Presiden Ajak Masyarakat Liburan di Dalam Negeri

Hal senada disampaikan Fahmi Alfansi Pane dan Muchammad Solahudin sebagai pembicara. Mereka mengingatkan pentingnya kesadaran masyarakat pengguna internet untuk memahami bagaimana mengelola data pribadi agar tidak tersebar secara bebas.

Secara statistik, sebanyak 77 persen masyarakat Indonesia telah menggunakan Internet. Namun, tingkat kepahaman dalam menjaga keamanan data pribadi hanya sekitar 58 persen.

Kesadaran tersebut perlu ditingkatkan, mengingat dalam sehari, rata-rata masyarakat Indonesia menghabiskan waktu sekitar 7 jam untuk menggunakan Internet.

Baca juga : Anggota Komisi I DPR Taufiq R Abdullah Ajak Masyarakat Banjarnegara Jadi Pejuang Lawan Hoax

Pemahaman mengenai keamanan data dan privasi di dunia digital bagi masyarakat memang masih perlu ditingkatkan.

Peningkatan ini selaras dengan perlunya literasi digital diperkuat di tengah masyarakat yang semakin bergantung pada teknologi internet.

Dengan mendorong literasi digital, maka otomatis pemahaman keamanan digital akan semakin dipahami masyarakat pengguna internet. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.