Dark/Light Mode

Kerja Sama Indonesia-China Dukung Implementasi Transformasi Kesehatan

Kamis, 6 April 2023 16:32 WIB
Foto: Humas Kemenkes.
Foto: Humas Kemenkes.

 Sebelumnya 
Pada pilar Ketahanan Kesehatan, sebagai penguat langkah Indonesia lebih mandiri dalam industri farmasi dan alat kesehatan, termasuk produk vaksin serta alkes yang penting untuk penanganan pasien.

Demikian halnya pada pilar teknologi kesehatan, mengingat pesatnya pengembangan riset dan industri kesehatan dan bioteknologi di China.

Keseluruhan kerja sama ini juga dimaksudkan untuk mendukung pilar transformasi upaya kesehatan sekunder untuk akses masyarakat terhadap layanan kesehatan yang berkualitas.

Baca juga : Mbizmarket Dukung Transformasi Pengadaan Barang & Jasa di Jateng

“Kunjungan ini sangat strategis, juga menghasilkan peluang kerja sama yang lain di sektor kesehatan, seperti dalam pengembangan metode diagnostik, dan layanan kesehatan lainnya," lanjut Wamenkes Dante.

Kerja sama kesehatan Indonesia-China merupakan tindak lanjut perpanjangan MoU Kesehatan yang ditandatangani kedua Menteri secara sirkular di Jakarta dan Beijing tanggal 16 November 2022, serta MoU Vaksin dan Genomika RI-China yang ditandatangani tanggal 26 Juli 2022.

Dalam G20 Bali Leader's Meeting November lalu, Indonesia, RRT dan negara-negara G20 lainnya telah berkomitmen untuk memperkuat arsitektur kesehatan global dalam pemulihan dari pandemi Covid-19.

Baca juga : Persebaya Vs Persija, Ban Serep Jadi Andalan

Selain itu, Pemerintah Indonesia dan Pemerintah China juga telah membuat pernyataan bersama untuk lebih mendorong kerja sama vaksin di seluruh rantai industri.

Di tingkat regional, Indonesia sebagai Ketua ASEAN harus mempromosikan One Health Approach sebagai kelanjutan dari Pernyataan Bersama Pertemuan Menteri Kesehatan ASEAN dan China yang disepakati di Bali 2023.

“Kami berharap China dapat mendukung ASEAN dalam mempromosikan Mekanisme Pendekatan Satu Kesehatan yang diprakarsai oleh Indonesia," tutup Wamenkes Dante. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.