Dark/Light Mode

Kerja Sama Indonesia-China Dukung Implementasi Transformasi Kesehatan

Kamis, 6 April 2023 16:32 WIB
Foto: Humas Kemenkes.
Foto: Humas Kemenkes.

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Menteri Kesehatan Dante S. Harbuwono menjadi salah satu delegasi Dialog Tingkat Tinggi Ketiga Republik Indonesia (RI)-China.

Sebagai komitmen hubungan diplomatik yang sudah terbangun selama 75 tahun, dilakukan kerja sama untuk mendukung implementasi Transformasi Kesehatan yang saat ini diusung Indonesia.

“Kunjungan kerja kali ini sifatnya strategis yakni mengambil momentum 75 tahun hubungan diplomatik Indonesia-China bagi kerja sama Kesehatan kedua negara dan khususnya untuk mendukung program transformasi kesehatan di Tanah Air,” ungkap Wamenkes Dante, seperti keterangan yang diterima RM.id, Kamis (6/4).

Baca juga : Mbizmarket Dukung Transformasi Pengadaan Barang & Jasa di Jateng

Pemerintah Indonesia mengapresiasi dukungan Pemerintah dan Industri China terhadap transformasi yang dilakukan melalui 23 kerja sama di bidang farmasi dan alat kesehatan, 3 kerja sama di rumah sakit, dan 1 kerjasama bioteknologi.

Selama empat hari kunjungannya pada 3-6 April 2023, dilakukan pertemuan bilateral dengan Wakil Menteri Kesehatan dan kesejahteraan China.

Wamenkes Dante juga menjadi saksi penandatanganan kerja sama/MoU antara PT Biotis Indonesia dengan Minhai Biotechnology.

Baca juga : Persebaya Vs Persija, Ban Serep Jadi Andalan

Dalam sambutannya, Wamenkes Dante menggarisbawahi pentingnya realisasi investasi dan transfer teknologi dari industri kesehatan China yang merupakan upaya konkret untuk mendukung ketahanan industri vaksin, sekaligus cakupan vaksinasi di Indonesia.

Sebagai salah satu penyebab kematian bayi tertinggi di Indonesia, pneumonia dapat dicegah dengan vaksin PCV.

Tahun ini, Kemenkes RI berencana untuk meluncurkan vaksin PCV secara nasional, dengan kebutuhan tahunan hingga 11,9 juta dosis.

Baca juga : ICCA Dukung Pansel DK-OJK Dan Implementasi UU PPSK

Saat ini, 100 persen vaksin PCV diimpor dalam bentuk jadi. Oleh karena itu, Kementerian Kesehatan mendorong semua produsen lokal untuk mencari teknologi di luar negeri dan membawanya ke Indonesia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.