Dark/Light Mode

Gandeng RRI, Kemenkop UKM Kebut Proses Digital UMKM

Senin, 10 April 2023 17:51 WIB
Sekretaris Kemenkop UKM, Arif Rahman Hakim (batik) meninjau produk UMKM. (Foto: Ist)
Sekretaris Kemenkop UKM, Arif Rahman Hakim (batik) meninjau produk UMKM. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) bekerja sama dengan Lembaga Penyiaran Publik-Radio Republik Indonesia (LPP RRI) mempercepat proses onboarding digitalisasi UMKM.

Sekretaris Kemenkop UKM, Arif Rahman Hakim mengatakan, di era digitalisasi, keberadaan siaran radio masih sangat efektif dalam membantu menggaungkan program-program Pemerintah. Khususnya mengenai beberapa program onboarding digital, agar para UMKM dapat aktif membangun ekonomi digital di Indonesia.

“Kami percaya, peran RRI akan semakin krusial dalam mengoptimalkan potensi ekonomi digital Indonesia yang diperkirakan akan naik mencapai 146 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp 2.185,9 triliun pada 2025, menjadi yang terbesar di Asia Tenggara,” katanya dalam kegiatan MoU Kemenkop UKM dengan LPP RRI di Kantor LPP RRI, Jakarta, Senin (10/4).

Arif melanjutkan, di 2023, Kemenkop UKM memiliki tujuh program prioritas, yaitu Pendataan Lengkap KUMKM, Rumah Produksi Bersama, Koperasi Modern, Pengentasan Kemiskinan Ekstrem, Redesign Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT)-KUMKM, Layanan Rumah Kemasan UMKM dan Pengembangan Kewirausahaan Nasional.

Baca juga : Danone Indonesia Gandeng Kemenparekraf Dorong Potensi Desa Wisata

“Untuk PLUT, saat ini sudah ada lebih dari 80 PLUT yang telah dimodernisasi dengan teknologi digital. Sehingga hal ini sangat membantu UMKM dalam meningkatkan kapasitas dan kualitas usahanya,” sebut Arif.

Dalam tujuh program prioritas tersebut, KemenKopUKM sangat mengoptimalkan pemanfaatan teknologi digital. Pihaknya percaya, Future SME atau UMKM masa depan akan sangat berbasis teknologi dan kreativitas.

“Namun tantangan utama transformasi digital UMKM Indonesia adalah literasi digital yang tergolong masih rendah. Dengan dukungan dan kerja sama RRI terkait pengembangan UMKM, diharapkan hal ini bisa teratasi,” harapnya. 

Dari sumber East Ventures-Digital Competitiveness Index (EV-DCI) tahun 2023, daya saing digital Indonesia terus mengalami peningkatan dalam empat tahun terakhir yaitu di 38,5 (2023) dibanding tahun-tahun sebelumnya, yaitu 35,2 pada 2022), 32 di tahun 2021 dan 27,9 (2020).

Baca juga : Kemenkop UKM Gelar Penyuluhan Hukum Bagi Pelaku UMK Yogyakarta

Kemenkop UKM, sambung Arif, optimistis proses digitalisasi UMKM terus berlangsung dan mencapai target yang telah dicanangkan. Hingga Desember 2022 sebanyak 21,56 juta UMKM telah onboarding digital, dan di 2023, diharapkan sebanyak 24 juta UMKM sudah onboarding digital.

“Angka ini berarti tambahan 13,56 juta sejak awal pandemi atau 33,5 persen dari total populasi UMKM, dan 71,8 persen dari target 30 juta UMKM onboarding dalam ekosistem digital pada 2024,” ujarnya.

Arif berkeyakinan, adanya gerakan menuju 30 juta UMKM onboarding digital pada tahun 2024, Kemenkop UKM dan LPP RRI berinisiatif bersinergi mendukung percepatan transformasi digital UMKM dalam MoU tersebut. Ia berharap, adanya inisiatif penandatanganan kerja sama ini menjadi penguat komitmen bersama dalam mendukung upaya percepatan Tranformasi Digital UMKM dan UMKM Naik Kelas.

Di kesempatan yang sama, Direktur Utama LPP RRI Hendrasmo menegaskan, pihaknya berupaya terus meningkatkkan program siaran bertema UMKM. Di mana RRI ingin berperan dalam pemperdayaan maupun penguatan UMKM, dengan menjadi hub dan katalisator UMKM.

Baca juga : Menkop Minta Kredit Macet UMKM Dihapus

“Mengingat penting UMKM bagi perekonomian bangsa. Di mana membangun UMKM sama hal nya dengan membangun bangsa. Siaran RRI salah satunya untuk mendorong pembangunan nasional, apalagi potensi UMKM Indonesia potensi punya lebih dari 64 juta ini bisa terkoneksi, kita ingin menjadi Radio-nya UMKM,” ucapnya.

Hendrasmo turut menyambut baik kerja sama dengan Kemenkop UKM, terutama dalam mengakselerasi transformasi digitalisasi UMKM. Kerjasama itu di antaranya melalui pendampingan informasi, literasi keuangan digital, data base UMKM dan program pendukung lainnya.

Hendrasmo memberikan salah satu contoh saat ini RRI sedang mengembangkan platform Digital Play Go. Nantinya, platform tersebut menjaring komunitas ekonomi digital, mendorong UMKM untuk terdaftar dalam Nomor Induk Berusaha.

Tak hanya itu, platform tersebut akan memberikan informasi mengenai KUR UMKM dari bank penyalur kepada penerima manfaat. Selain itu RRI juga terus mengedukasi masyarakat tentang literasi keuangan digital. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.